Lantamal XII Pontianak hadirkan triatlon seberangi Sungai Kapuas

Kegiatan ini nantinya akan menarik sebab atlet triatlon nasional akan berpartisipasi

Pontianak (ANTARA) – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-7 akan menghadirkan triatlon untuk kali perdana dan salah satu lomba di dalamnya adalah menyeberangi Sungai Kapuas.

“Kegiatan dijadwalkan 31 Juli 2022 mendatang dalam rangka HUT Ke-7 Lantamal XII Pontianak. Dalam triatlon ini ada berenang, sepeda dan berlari. Untuk berenang menyeberangi sungai terpajang di Indonesia, Sungai Kapuas,” ujar Kepala Bidang Lomba Triatlon Lantamal XII, Letkol Marinir Ismail Rambe di Pontianak, Senin.

Ia menjelaskan, mengapa menyeberangi Sungai Kapuas karena untuk mengenalkan ikon wisata Kalbar secara lebih luas. Sungai Kapuas menurutnya memiliki keunikan dan potensi wisata yang luar biasa sehingga perlu peran semua pihak melalui kegiatan atraksi untuk dikenalkan secara maksimal.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno ikuti ajang Belitung Triathlon 2022

“Mulai kompetisi ini yakni dari Tugu Khatulistiwa berenang menuju Mako Satol Lantamal XII Pontianak dengan jarak tempuh 550 meter. Setelah itu baru bersepeda sepanjang 20 kilometer dan terakhir berlari 5 meter yang berakhir di Kantor Gubernur Kalbar,” sebutnya.

Ia menjelaskan dalam triatlon yang juga sebagai ajang pemanasan dan menjaring atlet daerah untuk PON 2024 ini ada tiga kategori yakni kelas elit atau nasional putra, kemudian kelas loka putra dan kelas putri.

“Kegiatan ini nantinya akan menarik sebab atlet triatlon nasional akan berpartisipasi. Semoga juga masyarakat pencinta triatlon di Kalbar banyak yang ikut karena akan kita jadikan agenda tahunan bersama FTI dan KONI. Sebagai panitia kami mohon dukungan semua pihak. Kami juga ucapkan terima kasih kepada Komandan Lantamal XII dan panitia yang sudah menggagas kegiatan ini dan Dirgahayu Lanmal XII Ke- 7,” ucap dia.

Baca juga: Triatlon Indonesia raih dua perak dan tiga perunggu SEA Games Vietnam

Pewarta: Dedi
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022