Lakers pilih Darvin Ham sebagai juru taktik anyar

Jakarta (ANTARA) – Los Angeles Lakers dikabarkan telah menjatuhkan pilihan kepada asisten pelatih Milwaukee Bucks Darvin Ham untuk mengemban tugas sebagai pelatih kepala baru tim NBA tersebut menyongsong musim 2022-23.

Mengutip situs resmi NBA, Minggu, Ham telah menerima pekerjaan tersebut menurut sumber dekat yang dilansir The Associated Press pada Jumat (27/5).

Kabar itu juga tampaknya secara tidak langsung sudah dikonfirmasi oleh megabintang Lakers, LeBron James, yang pada Sabtu (28/5) mencuitkan ucapan selamat datang untuk Ham.

Baca juga: Lakers tetapkan tiga kandidat akhir pelatih kepala anyar

“Sungguh MENYENANGKAN!!!!!!!! Selamat dan selamat datang Coach DHam!!” demikian cuit James dalam akun Twitter pribadinya, @KingJames.

Pekerjaan di Lakers akan menjadi jabatan pelatih kepala pertama yang dijalani oleh Ham, yang sejak 2018 membantu Mike Budenholzer sebagai salah satu asisten pelatih di Bucks dan berperan signifikan saat menjuarai NBA 2021.

Ham menggantikan Frank Vogel yang dipecat oleh Lakers pada pengujung musim reguler lalu, setelah gagal mencapai fase playoff dan finis di urutan ke-11 Wilayah Barat dengan catatan menang kalah 33-49.

Kehadiran Ham membuat populasi pelatih berkulit hitam di NBA saat ini menjadi 15 orang, jumlah terbanyak sepanjang sejarah.

Baca juga: Lakers juga jajaki asisten pelatih Bucks Charles Lee

Ham sebelumnya juga pernah bekerja di Lakers sebagai salah satu asisten pelatih bidang pengembangan pemain pada 2011-13 di bawah kepemimpinan Mike Brown serta Mike D’Antoni.

Ham kemudian hijrah ke Atlanta Hawks untuk menjadi asisten di bawah Budenholzer sejak 2013 sebelum ikut boyongan ke Bucks pada 2018.

Ham menjadi mantan asisten Budenholzer Hawks keempat yang promosi menjadi pelatih kepala setelah Taylor Jenkins, Quin Snyder, dan Kenny Atkinson.

Sebagai pemain, Ham mengawali kariernya di Denver Nuggets dan memiliki satu cincin juara NBA bersama Detroit Pistons pada 2004.

Baca juga: Lakers diizinkan jajaki asisten pelatih Warriors Kenny Atkinson

Baca juga: Lakers jajaki mantan pelatih Warriors dan eks Trail Blazers

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022