KONI Pusat tunjukkan keseriusan tingkatkan sarana prasarana olahraga

Jakarta (ANTARA) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat kembali menunjukkan keseriusan dalam meningkatkan sarana dan prasarana olahraga di Tanah Air, terbaru dengan menggandeng konsultan berpengalaman Labo Sport Asia Limited.

Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, dalam keterangan tertulis, Rabu, mengatakan pemilihan Labo Sport sebagai mitra tak lepas dari keterlibatan perusahaan tersebut dalam sejumlah ajang besar.

Misalnya turut andil dalam menyukseskan Olimpiade mulai dari 2004 di Athena, Yunani, 2008 di Beijing, China, 2012 di London, Inggris, 2020 di Tokyo, Jepang, serta single event lainnya.

Baca juga: KONI dambakan tulang punggung timnas Indonesia dihiasi atlet Papua

“Arena yang disiapkan cabang olahraga untuk kejuaraan-kejuaraan besar harus bertaraf internasional dan itu semua sertifikasinya dari Labo Sport sebagai salah satu yang mendapat kepercayaan dari badan-badan olahraga dunia,” kata Marciano.

Dengan sarana dan prasarana berstandar dunia, lanjut Marciano, Indonesia akan mendapat kepercayaan lebih besar dalam setiap pengajuan sebagai tuan rumah berbagai ajang internasional.

Lebih dari itu, juga akan turut berdampak pada pembinaan atlet. Marciano menyinggung soal pemecahan rekor dunia panjat tebing pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 di Papua yang tidak diakui federasi internasional karena arena yang digunakan belum tersertifikasi internasional.

“Itu mengapa kami melakukan penandatanganan kerja sama dengan Labo Sport,” katanya menambahkan.

Marciano juga menegaskan peran Labo Sport dalam meningkatkan kualitas sarana dan prasarana olahraga tak lantas meninggalkan perusahaan dalam negeri.

Baca juga: KONI Pusat abadikan nama legenda renang Indonesia Lukman Niode

Dia justru berharap agar bahan pendukung dapat disediakan di Tanah Air dan produk lokal dapat meningkatkan kualitas.

“Upaya peningkatan olahraga prestasinya berjalan, tetapi kami juga mendorong para pengusaha-pengusaha sarana prasarana olahraga di Indonesia untuk bisa meningkatkan kualitas produk yang memenuhi standar internasional. Sehingga kita tidak perlu lagi impor,” ujar Marciano

Sementara itu, Managing Director Asia Labo Sport, Olivier Ducroqco, juga mengatakan tekad KONI Pusat memajukan olahraga di Indonesia membuatnya bersemangat untuk turun andil.

“Saya percaya Indonesia memiliki ambisi sangat kuat dalam mengembangkan olahraga dan industri olahraga,” kata Olivier.

Baca juga: KONI Pusat pererat hubungan dengan pembina olahraga prestasi Indonesia

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022