Kirab obor APG ke-11 libatkan ratusan peserta

Biar opening-nya mewah, jadi kami fokuskan di opening saja

Solo (ANTARA) – Kirab obor ASEAN Para Games (APG) ke-11 yang rencananya dilakukan pada Minggu (24/7) akan melibatkan ratusan peserta mulai dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) hingga mantan atlet.

Ketua Pelaksana Indonesia National Paralympic Organization Comittee (Inaspoc) Gibran Rakabuming Raka di Solo, Rabu mengatakan, konsep kirab obor atau torch relay tersebut dibuat lebih sederhana.

“Lari biasa saja, acaranya pendek. Mulainya jam 06.00 WIB (bersamaan dengan car free day),” katanya.

Ia mengatakan kirab tersebut dimulai dari sumber api abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan menuju Semarang, Sukoharjo, Karanganyar, dan berakhir di Solo.

Di Solo, kirab obor akan dimulai dari Purwosari menyusuri sepanjang Jalan Slamet Riyadi hingga finish di Halaman Balai Kota Surakarta. Selanjutnya, api abadi tersebut akan disemayamkan di Pendapi Gede kompleks Balai Kota Surakarta hingga acara pembukaan ASEAN Para Games 2022.

Ia mengatakan tidak ada artis yang dilibatkan dalam acara kirab obor. Untuk penampilan artis, menurut dia akan dipusatkan saat upacara pembukaan APG pada 30 Juli 2022.

“Biar opening-nya mewah, jadi kami fokuskan di opening saja,” katanya.

Sebelumnya, Sekjen National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Rima Ferdianto mengatakan kirab obor akan diikuti pensiunan atlet, komunitas-komunitas disabilitas di setiap kota, dan beberapa perwakilan dari Pemerintah Kota Solo.

Sedangkan pada pembukaan beberapa artis yang dijadwalkan terlibat di antaranya penyanyi Delon dan Nella Kharisma yang akan menyanyikan lagu tema APG 2022.

Baca juga: Inaspoc siapkan penerbangan langsung ke Solo untuk ASEAN Para Games

Baca juga: Ratusan atlet dan ofisial NPCI ikuti tes PCR persiapan APG 2022

Baca juga: Menteri PUPR pastikan kesiapan venue ASEAN Para Games

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2022