Kembali kalahkan Mavericks, Warriors unggul 2-0 di final Wilayah Barat

Jakarta (ANTARA) – Gebrakan yang dilakukan Kevon Looney dengan mengemas 21 poin, tertinggi dalam karirnya serta Stephen Curry dengan 32 poin (tertinggi tim) membawa Golden State Warriors meraih kemenangan atas Dallas Mavericks 126-117 pada laga di San Francisco, Jumat malam (Sabtu WIB) sehingga timnya unggul 2-0 di final Wilayah Barat.

Bintang Mavericks Luka Doncic sebenarnya mampu bangkit dari titik terendah musim playoff dengan 42 poin, hanya saja timnya yang mencetak 21 lemparan tiga angka tidak mampu meraih kemenangan pada laga final yang menggunakan sistem best-of-seven.

Setelah dua laga berlangsung kandang Golden State Warriors, dua laga berikutnya akan berlangsung di Dallas pada Minggu (22/5) dan Selasa (24/5) waktu setempat.

Mavericks yang mengalami kekalahan 87-112 di gim pertama, langsung melakukan tekanan ke pertahanan Warriors. Luka Doncic dan kawan-kawan bahkan memasukkan 15 lemparan tiga angka di babak pertama dan memimpin sebanyak 19 lemparan.

Keunggulan 79-64 masih bertahan hingga waktu di kuater ketiga tersisa 7:06 sebelum sang lawan, Warriors melakukan gebrakan.

Permainan cepat Warrriors dimulai dengan mengemas 19-6 pada akhir kuarter ketiga untuk memperkecil jarak menjadi dua poin. Looney dan Jordan Poole masing-masing menyumbang lima poin.

Golden State memimpin seterusnya ketika Otto Porter Jr. membuka kuarter keempat dengan lemparan tiga angka, dan tuan rumah tidak berhenti di situ. Warriors membangun keunggulan menjadi 99-92. Mavericks mencoba mendekat namun tidak sampai lima poin.

Looney, yang sebelumnya mencapai rekor tertinggi dalam karir 19 kali pada playoff 2019 saat melawan Los Angeles Clippers, membuat 10 dari 14 tembakan serta 12 rebound tertinggi permainan. Double-double kedua yang dicetak pada postseason.

Looney dan Curry mendapat banyak dukungan. Poole menyelesaikan laga dengan 23 poin, Andrew Wiggins 16 poin, Klay Thompson 15 poin dan Porter 11 poin untuk Warriors, yang menembak 56,1 persen untuk kedua gim berturut-turut.

Doncic menembak 12-untuk-23 secara keseluruhan dan 5-untuk-10 upaya lemparan tiga angka untuk Mavericks, yang meningkat dari 36,0 persen tembakan di Gim1 menjadi 47,4 persen di pertandingan selanjutnya.

Reggie Bullock mencetak enam lemparan tiga angka untuk menghasilkan hampir 21 poinnya dan Jalen Brunson mengemas 31 poin guna membantu Mavericks bangkit dari tekanan Warriors.

Doncic juga mengumpulkan delapan assist tertinggi permainan, sementara Dorian Finney-Smith mengumpulkan delapan rebound tertinggi tim serta ditambah 10 poin, demikian laporan Reuters.

Baca juga: Butler pimpin Heat tekuk Celtics pada Gim 1 final Wilayah Timur

Baca juga: Warriors vs Mavericks: mengukur tuah magis Luka Doncic

Baca juga: Heat vs Celtics: menanti lantun momentum Jayson Tatum

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2022