Kawhi Leonard sudah diizinkan melantai 5-on-5

Jakarta (ANTARA) – Bintang Los Angeles Clippers Kawhi Leonard dilaporkan sudah mulai diizinkan kembali melantai dalam latih tanding 5-on-5 di pemusatan latihan oleh staf medis tim NBA tersebut

Bahkan, menurut presiden operasional bola basket Clippers, Lawrence Frank, laiknya atlet yang kompetitif, Leonard tak menyembunyikan keinginannya untuk ambil bagian dalam gim-gim uji coba pramusim.

“Dia merasa luar biasa. Rencana pribadinya adalah dia ingin berpartisipasi dalam semuanya,” kata Frank di pusat latihan Clippers di Las Vegas, Kamis (22/9) waktu setempat, seperti dilansir situs resmi NBA.

Hal itu jelas menjadi kabar baik untuk Leonard pribadi maupun Clippers. Pasalnya, Leonard terpaksa menyaksikan NBA 2021-22 bergulir hanya dari bangku penonton karena ia masih menjalani tahap pemulihan pascaoperasi cedera ligamen anterior cruciate (ACL) di lutut kanan.

Kendati Leonard sendiri sudah optimistis dan tim medis memberi acungan jempol, Frank tetap mengisyaratkan bahwa Clippers bakal menempuh langkah berhati-hati atas kondisi sang bintang.

Clippers telah membatasi porsi partisipasi pebasket 31 tahun itu dalam pemusatan latihan maupun pada musim reguler 2022-23 nanti.

“Kami akan berhati-hati. Ini akan jadi pendekatan selangkah demi selangkah,” kata Frank.

Clippers menjadwalkan empat laga uji tanding pramusim, diawali menghadapi tim Israel Maccabi Ra’anana di Climate Pledge Arena, Seattle, pada Jumat (30/9) pekan depan.

Clippers juga akan menjajal Portland Trail Blazers pada 3 Oktober, Minnesota Timberwolves (9 Oktober), dan Denver Nuggets tiga hari kemudian.

Frank juga belum berani memastikan berapa banyak menit bermain yang bakal dibebankan pada Leonard di laga-laga uji coba pramusim itu.

“Kami tidak akan berandai-andai atau terjebak melakukan prediksi, meski saya tahu bahwa dia ingin melakukan segalanya,” katanya.

“Kami akan mencari tahu, ‘Apakah ini yang terbaik untuk tubuhnya?’ Satu hari jawabnnya bisa iya. Keesokannya mungkin saja ada pemeriksaan ulang, tapi kami sepenuhnya bergantung pada respon Kawhi dan tim medis,” ujar Frank melengkapi.

Optimisme dibarengi pendekatan hati-hati yang ditempuh Clippers cukup wajar, mengingat sebelum terpaksa absen sepenuhnya musim lalu Leonard juga kerap menepi beberapa pertandingan dalam musim-musim sebelumnya.

Musim pertama Leonard di Clippers misalnya, ia melewatkan 15 gim NBA 2019-20 dan 20 lainnya pada 2020-21 untuk menjalani perawatan serta memberi masa pemulihan yang lebih baik.

Bila pun Leonard melantai pada saat Clippers melakoni gim pembuka musim 2022-23 melawan Los Angeles Lakers pada 20 Oktober nanti, rentang waktu pemulihannya yang sekira 16,5 bulan melampaui rata-rata pemain lain yang dibekap cedera ACL yakni medio 12-15 bulan.

Baca juga: Bintang Clippers Kawhi Leonard jalani operasi tendon lutut

Baca juga: Jazz lanjut “cuci gudang” setelah sepakati barter Bojan Bogdanovic

Baca juga: Celtics skors pelatih kepala Ime Udoka untuk musim 2022-23

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2022