Jurnalis asing puji penyelenggaraan FIBA Asia Cup di Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Seorang jurnalis asal Iran, Reza, yang bekerja sebagai kontributor BBC memuji penyelenggaraan kejuaraan bola basket FIBA Asia Cup 2022 yang berlangsung di Jakarta pada 12-24 Juli.

Reza yang diwawancarai di Jakarta, Selasa, mengatakan, dirinya mendapatkan bantuan untuk menjalankan aktivitasnya dengan didampingi seorang volunteer yang disediakan panitia penyelenggara.

“Panitia menyediakan petugas Liaison Officer (LO), dan dari mereka saya dibantu untuk mengganti kartu ponsel, termasuk bagaimana caranya menuju ke arena pertandingan. Saya lihat, Indonesia benar-benar siap,” kata Reza.

Reza yang menginap di Apartemen FX Sudirman mengatakan dirinya juga memanfaatkan fasilitas transportasi dari panitia penyelenggara berupa shuttle bus yang diberangkatkan setiap 30 menit.

Bus ini membawa para jurnalis yang menginap di apartemen itu ke berbagai lokasi, mulai dari Stadion Istora Senayan, Hall Basket Senayan dan GBK Arena.

Ia pun sudah mengunjungi tiga lokasi tersebut sejak kemarin menggunakan shuttle bus.

Baca juga: Festival dribel berlangsung semarak tutup tur trofi FIBA Asia Cup 2022

Baca juga: Ali Budimansyah: Dukungan penonton berpengaruh di FIBA Asia Cup 2022

Salah seorang sukarelawan Ahmad Rikza mengatakan tak hanya melayani jurnalis, fasilitas shuttle bus itu juga diperuntukkan untuk ofisial dari berbagai negara.

“Tampaknya belum banyak yang tahu ada shuttle bus, jadi yang naik masih sedikit. Selain itu, memang lokasi dari FX ke Istora Senayan sangat dekat, kadang sudah pilih naik taksi karena mereka ingin cepat,” kata dia.

Rikza merupakan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang mendaftarkan diri menjadi volunteer Kejuaraan Asia ini ke FIBA melalui aplikasi di laman resmi federasi olahraga tersebut.

Setelah dinyatakan lulus dalam seleksi awal, Rikza melakukan sesi wawancara yang dilakukan secara virtual.

“Tidak semua lulus, ada teman-teman saya yang juga tidak terpilih. Saya bersyukur sekali bisa masuk dan ikut berperan pada FIBA Asia Cup ini,” kata dia.

Dengan menjadi sukarelawan, ia mendapatkan uang saku Rp300.000 per hari dari panitia penyelenggara.

Indonesia bakal mengawali perjalanan FIBA Asia Cup berhadapan dengan Arab Saudi pada babak penyisihan Grup A di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Selasa (12/7).

Pertandingan Indonesia vs Arab Saudi menjadi partai ketiga dan dijadwalkan bergulir pukul 17:30 WIB.

Baca juga: Jadwal lengkap FIBA Asia Cup: Indonesia awali laga hadapi Arab Saudi

Baca juga: Marques Bolden masuk daftar 12 pemain untuk FIBA Asia Cup 2022

Baca juga: Taiwan buka FIBA Asia Cup 2022 dengan kemenangan atas Bahrain

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022