Jungels menangi etape 9 Tour de France, Pogacar tetap kaus kuning

Jakarta (ANTARA) – Bob Jungels memenangi etape sembilan Tour de France pada akhir solo mountain raid yang panjang pada Minggu setelah COVID-19 sempat menghantui sang pebalap Luksemburg untuk berkompetisi di balapan pekan lalu.

Pebalap tim AG2R-Citroen itu positif COVID-19 jelang start di Kopenhagen pada Kamis lalu tapi diizinkan ambil bagian setelah tim dokter menyatakan viral load sang pebalap cukup rendah.

“Saya menjalani tes pada Kamis pagi. Tapi dengan hasil yang bisa Anda lihat saya dapat start balapan pada Jumat. Sangat-sangat nyaris, saya yakin,” kata Jungels, yang menjadi pebalap Luksemburg pertama yang memenangi Tour setelah Andy Schleck mengklaim kemenangan di Galibier pada 2011.

“Beruntung saya berhasil.”

Jungles bertahan setelah breakway di bawah terik panas pegunungan Alpen, menahan gempuran Thibaut Pinot asal Prancis, yang menyerah di beberapa kilometer terakhir dan finis keempat setelah menempuh 192,9km dari Aigle ke Chatel, Swiss.

Jonathan Castroviejo finis kedua, 22 detik berselang di belakang Jungels, sedangkan sesama pebalap Spanyol Carlos Verona melengkapi podium setelah finis empat detik berselang di tempat ketiga, demikian Reuters.

Pebalap Slovenia Tadej Pogacar mempertahankan kaus kuning pimpinan klasemen umum setelah tampil tenang di peloton, melintasi finis tak jauh di depan runner-up tahun lalu Jonas Vingegaard menyusul sprint pendek ke garis finis.

Geraint Thomas, di peringkat tiga klasemen umum, tak dapa mengikuti kelompok utama dan kehilangan tiga detik, sekarang tertinggal 1:17 dari pemuncak klasemen.

“Apabila ada kesempatan untuk memperbaiki beberapa detik saja saya akan mengambilnya,” kata Pogacar.

Baca juga: Pogacar salip Vingegaard di etape tujuh demi pertahankan kaus kuning

Selanjutnya : para pebalap yang melakukan breakaway

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022