Juara Formula E De Vries dapat slot FP1 bersama Williams di GP Spanyol

Jakarta (ANTARA) – Pebalap cadangan Mercedes Nyck de Vries akan melakoni debutnya di Formula 1 saat mengemban tugas untuk tim Williams di sesi latihan pertama Grand Prix Spanyol akhir pekan ini.

Pebalap berusia 27 tahun asal Belanda itu, yang merupakan juara bertahan Formula E, akan meminjam mobil FW44 Alexander Albon untuk pada 60 menit pertama latihan di Sirkuit Barcelona-Catalunya.

De Vries berbagi tugas sebagai pebalap cadangan Mercedes dengan Stoffel Vandoorne dan telah menguji mobil F1 saat ia membantu tim Silver Arrow di tes ofisial pasca GP Abu Dhabi tahun lalu.

Baca juga: Mercedes sadari mereka masih belum mampu kejar Ferrari dan Red Bull

Penampilannya untuk Williams akan memenuhi satu dari dua sesi wajib yang diperuntukkan bagi pebalap muda, aturan yang diperkenalkan tahun ini.

Williams menyatakan De Vries akan membantu persiapan tim jelang kualifikasi dan Grand Prix.

“Kami tak sabar lagi mendapati Nyck de Vries di mobil untuk FP1 karena bekerja dengan pebalap baru dan mendapat masukan baru terhadap kekuatan dan kelemahan mobil itu baik,” kata Head of Vehicle Performance Dave Robson seperti dikutip laman resmi F1, Selasa.

“Pengalaman dan profesionalitas Nyck akan krusial pada Jumat karena dia akan menyelesaikan sejumlah tes engineering kunci pada FP1 sebelum menyerahkan kembali mobilnya ke Alex untuk FP2.”

De Vries pun tak sabar untuk berkenalan dengan kru tim Williams dan mengendarai FW44 pada akhir pekan ini.

“Persiapan tes berjalan baik sejauh ini dan tim ini telah sangat mendukung saya. Saya tak sabar lagi menanti keseluruhan pengalaman itu di Spanyol.”

De Vries mengalahkan pebalap Kanada Nicholas Latifi, yang saat ini berstatus pebalap Williams, dalam pertarungan gelar Formula 2 musim 2019.

Williams, yang menggunakan power unit Mercedes, saat ini berada di dasar klasemen tim dengan koleksi tiga poin berkat Albon yang finis P10 di Australia dan P9 di Amerika Serikat.

Ferrari dan Red Bull bersaing ketat di klasemen konstruktor saat keduanya terpaut enam poin saja setelah lima balapan.

Baca juga: Ferrari harus merespon dua kemenangan beruntun Verstappen

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2022