Jepang lengkapi bagan perempat final FIBA Asia usai tundukkan Filipina

Jakarta (ANTARA) – Tim nasional bola basket Jepang melengkapi bagan perempat final Piala FIBA Asia 2022 setelah menundukkan Filipina 102-81 dalam laga playoff di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa.

Lima pemain pertama Jepang seluruhnya mampu mencapai poin dua digit dipimpin kapten Yuki Togashi yang membukukan 18 poin dan enam assist.

Luka Evans menambahkan 17 poin dan tujuh rebound, Yuta Watanabe 15 poin dan sembilan rebound, Yudai Nishida 15 poin, dan Yutaroh Suda 14 poin.

Bobby Ray Parks memimpin Filipina dengan mengumpulkan 16 poin, diikuti Kiefer Ravena 15 poin, dan Carl Vincent Tamayo 10 poin.

Jepang tampil agresif sejak awal sehingga menciptakan unggul dua digit pertama mereka lewat lemparan tiga angka Suda yang membuat skor 19-7 pada sisa waktu lima menit 15 detik kuarter pertama.

Keunggulan itu melebar menjadi 32-14 berkat layup Tenketsu Harimoto dalam sisa 14 detik kuarter pertama, sebelum Filipina membalas melalui layup William Navarro dan menutup periode itu dengan 16-32.

Setelah kuarter pertama dengan akurasi 55 persen untuk lemparan dari posisi terbuka, Jepang malah melewatkan empat menit awal periode berikutnya tanpa mencetak satu poin pun.

Baca juga: Suriah lupa daratan sampai hilang fokus lawan Selandia Baru

Hal itu dimanfaatkan Filipina yang mengemas sembilan poin untuk memangkas jarak 25-32 dan memaksa Tom Hovasse meminta time-out untuk Jepang pada sisa waktu enam menit 20 detik kuarter kedua.

Selepas time-out Togashi langsung memecah kebuntuan Jepang lewat lemparan tiga poin dan mereka sedikit memperbaiki akurasi tembakan dalam sisa waktu untuk menjaga marjin keunggulan 16 poin dalam kedudukan 50-34 saat paruh pertama pertandingan berakhir.

Jepang sedikit cemas ketika Watanabe meringis kesakitan setelah terjatuh di dekat ring lawan pada sisa waktu tujuh menit kuarter ketiga, tetapi meski tanpa pemain Toronto Raptors itu timnya tetap bisa unggul 77-63 sampai akhir periode tersebut.

Permainan Filipina mulai  menurun ketika Tamayo terkena foul out karena melakukan pelanggaran kelima pada sisa waktu enam menit 32 detik.

Jepang memanfaatkan situasi untuk melejit dan mengunci kemenangan dengan skor lebih meyakinkan 102-81 atas Filipina untuk melangkah ke perempat final Piala FIBA Asia 2022.

Pada babak perempat final, Jepang akan menantang Australia yang sudah menanti sebagai juara Grup A pada Kamis (21/7).

Baca juga: Selandia Baru lewati Suriah menuju perempat final Piala FIBA Asia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2022