Jepang enggan larut dalam euforia kemenangan besar atas Suriah

Jakarta (ANTARA) – Tim bola basket Jepang enggan larut dalam euforia kemenangan telak 117-56 atas Suriah dalam laga kedua Grup C FIBA Asia Cup 2022 di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Jumat.

Pelatih Negeri Sakura Tom Hovasse mengungkapkan akan fokus untuk pertandingan berikutnya melawan Iran pada Minggu (17/7) yang menjadi penentu juara Grup C sekaligus lolos langsung ke perempat final.

Hovasse mewaspadai permainan Iran yang dalam dua pertandingan sebelumnya sapu bersih kemenangan melawan Suriah dengan 80-67 dan Kazakhstan dengan skor 96-60.

“Kami tak tahu bagaimana permainan bertahan Iran nanti. Namun kami percaya diri melawan Iran,” ujar Hovasse usai Jepang menang atas Suriah.

Dalam pertandingan terakhir, Jepang memang menunjukkan performa terbaik. Kemenangan atas Suriah juga menjadi skor tertinggi sepanjang berlangsungnya FIBA Asia Cup 2022.

Baca juga: Giliran Suriah jadi korban Akatsuki Five di FIBA Asia Cup 2022

Paling menarik adalah 27 kali tembakan tiga angka dari pemain Jepang menghasilkan poin sekaligus menjadi rekor baru dalam FIBA Asia Cup memecahkan rekor 25 three point yang dilakukan Korea Selatan saat mengalahkan Sri Lanka pada edisi 2009.

Yutaroh Suda tampil mengesankan dengan menyumbang poin terbanyak 33 poin selama 15 menit bermain. Akurasi tembakan three point pebasket 30 tahun itu mencapai 75 persen atau 9 dari 12 lemparan menghasilkan angka.

Pun demikian dengan pemain muda Jepang Keisei Tominaga yang tampil impresif dengan menyumbang 23 poin. “Ini adalah permainan yang menyenangkan bagi kami,” kata Hovasse.

Pada FIBA Asia Cup 2022, Jepang menunjukkan permainan yang baik sejak awal. Sebelumnya, Akatsuki Five juga menang telak atas Kazakhstan dengan skor 100-68.

Hasil ini membuat Yuta Watanabe dan kawan-kawan berada di puncak klasemen sementara dengan empat poin. Kemudian, Iran di urutan kedua dengan poin sama.

Sedangkan Kazakhstan dan Suriah di urutan ketiga dan keempat dengan dua poin dan sama-sama belum meraih kemenangan.

Baca juga: Watanabe tunjukkan kualitas sebagai bintang Jepang di FIBA Asia Cup

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022