Jepang digdaya saat menang telak atas Kazakhstan

Jakarta (ANTARA) – Jepang menunjukkan permainan berbeda pada dua kuarter terakhir hingga akhirnya menang telak 100-68 atas Kazakhstan dalam laga Grup C FIBA Asia Cup 2022 di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu.

Pada awal pertandingan, tim asuhan Tom Hovasse bersaing ketat dengan Kazakhstan. Jepang memimpin lebih dulu pada kuarter pertama dengan skor 23-22.

Namun pada kuarter kedua, Negeri Sakura tampak kesulitan menembus pertahanan Kazakhstan. Hingga kondisi pun berbalik, Jepang tertinggal 45-48.

Perubahan terjadi pada kuarter ketiga saat Jepang tampil lebih percaya diri hingga mendominasi jalannya pertandingan. Pada fase ini, Yuta Watanabe dan kawan-kawan mencetak 29 angka, sedangkan Kazakhstan 11 poin. Kuarter ketiga pun ditutup dengan skor 74-59 untuk Jepang.

Bahkan pada kuarter terakhir, Jepang tampil lebih agresif dengan mencetak 26 angka, meninggalkan Kazakhstan yang mencetak sembilan angka. Jepang pun akhirnya memenangi pertandingan dengan 100-68.

Baca juga: Iran atasi perlawanan Suriah 80-67 di Grup C Piala FIBA Asia

Pemain tim NBA Toronto Raptors Yuta Watanabe jadi pencetak angka terbanyak dengan 21 poin, 8 rebound, dan 4 assist, disusul Luke Evans dengan 17 poin dan 9 rebound, Yudai Nushida dengan 16 poin, lalu Keisei Tominaga mencetak 13 poin.

“Kazakhstan tampil sangat bagus di pada dua kuarter pertama. Namun, kami datang pada kuarter selanjutnya dengan energi yang berbeda. Saya memberikan apresiasi khusus untuk pemain kami atas energi yang mereka berikan,” ujar Hovasse usai pertandingan.

Dengan hasil ini, Jepang untuk sementara memimpin Grup C dengan raihan dua poin. Sementara Iran berada di urutan kedua dengan jumlah poin yang sama. Suriah dan Kazakhstan berada di urutan ketiga dan keempat.

Jepang selanjutnya akan menghadapi Suriah di Istora pada Jumat (15/7). Kemudian menghadapi Iran pada Minggu (17/7). Sedangkan Kazakhstan masih menyisihan dua laga masing-masing menghadapi Iran dan Suriah.

Baca juga: Hamed Haddadi isyaratkan Piala FIBA Asia 2022 jadi edisi terakhirnya

Baca juga: FIBA Asia Cup 2022: Selandia Baru perpanjang dominasi atas India

Baca juga: Persiapan matang jadi kunci kemenangan telak Selandia Baru atas India

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022