Japfa Chess Club puas dengan hasil atlet binaan di Festival Catur 2022

Keberhasilan untuk masing-masing pecatur merupakan capaian yang luar biasa mengingat mereka berlatih intens selama dua tahun mulai dari nol

Jakarta (ANTARA) – Japfa Chess Club mengaku puas dengan hasil tiga atlet binaan mereka yang tampil pada kategori U-14 di Festival Catur atau Japfa Chess Festival 2022 yang secara resmi berakhir di Gedung Serbaguna, Jakarta, Rabu.

Vellin Trienjel dan Jonifar Setepi asal Lampung, serta Taufik Defasya asal Gorontalo mampu menunjukkan progres dengan menempati papan tengah klasemen akhir.

Pecatur junior tersebut merupakan didikan dari FM Surya Wahyudi dan MI Tirta Chandra selama kurun waktu dua tahun terakhir.

“Mereka sudah selama lebih dari dua tahun didampingi Japfa secara intens melalui pelatihan baik secara daring atau pun luring,” ujar VP Head of Social Investment Japfa, R. Artsanti Alif.

Japfa konsisten mendukung peningkatan prestasi catur di Indonesia. Selain rutin menggelar kejuaraan, Artsanti mengungkapkan pihaknya terus melakukan pembinaan terhadap atlet.

Hasilnya dari pelatihan yang dilakukan sudah terlihat. Misalnya Vellin yang sebelumnya berhasil menjuarai Kejurda Lampung 2022 untuk U-14.

Sedangkan Taufik digadang masuk tim pelatda Gorontalo. Setepi juga mampu masuk ke lima besar di Kejurda Lampung.

“Keberhasilan untuk masing-masing pecatur merupakan capaian yang luar biasa mengingat mereka berlatih intens selama dua tahun mulai dari nol. Hasil ini merupakan kerja keras anak-anak binaan dan pelatih mereka FM Surya Wahyudi dan MI Tirta Chandra,” ujarnya.

Artsanti menjelaskan keberhasilan mendapatkan tiga bibit pecatur junior tak lepas dari program pencarian bibit merupakan titik pijak bagi program selanjutnya.

Menurutnya Japfa akan terus mencari bibit pecatur muda secara lebih intens dan mengembangkan model pelatihan intensif.

“Tahun ini kami terus mencari bibit pecatur muda dengan program yang terintegrasi dengan kegiatan Japfa for Kids, tahun ini melalui Japfa For Kids Awards 2022 kami menemukan dua calon bibit yang cukup potensial,” kata Artsanti.

“Nantinya kedua calon bibit ini akan kita uji tanding dan dampingi untuk memastikan mereka memiliki bekal cukup untuk bertanding di kancah catur profesional,” pungkasnya.

Baca juga: Festival Catur kembali bergulir bersamaan dengan momentum Haornas 2022

Baca juga: IM Ervan dan IM Medina telan kekalahan dalam Japfa Chess Festival 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022