IOC sebut upaya persiapan LA28 berjalan “sesuai rencana”

Paris (ANTARA) – Persiapan untuk Olimpiade dan Paralimpiade Los Angeles 2028 (LA28) berjalan “sesuai rencana” dengan pihak penyelenggara bertekad memberikan “Olimpiade yang menginspirasi,” seperti disampaikan Ketua Komisi Koordinasi Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC) Nicole Hoevertsz dalam kunjungannya di LA.

“LA merupakan tempat yang luar biasa, dengan orang-orang yang luar biasa pula. Hal ini terlihat dari kualitas dan kuantitas fasilitas olahraga kelas dunia yang tersedia untuk Olimpiade, termasuk stadion-stadion modern dan canggih dan sejumlah venue peninggalan ikonis yang digunakan selama Olimpiade 1932 dan 1984,” kata Hoevertsz, yang juga mantan atlet renang indah.

Kota metropolitan di sebelah selatan California itu akan menjadi kota ketiga, setelah London dan Paris, yang menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas untuk ketiga kalinya, setelah dua edisi sebelumnya pada 1932 dan 1984.

Selama kunjungan itu, pihak penyelenggara LA menggunakan kesempatan untuk menginformasikan kepada para anggota Komisi Koordinasi tentang poin-poin penting yang dicapai selama 12 bulan terakhir.

Ini termasuk konfirmasi tanggal Olimpiade (14-30 Juli) dan Paralimpiade (15-27 Agustus), serta informasi terbaru tentang progres tinjauan cabang olahraga potensial yang diusulkan Panitia Penyelenggara Olimpiade, yang dilakukan dalam kerja sama erat dengan IOC dan Federasi Olahraga Internasional masing-masing.

“LA28 berada pada posisi yang tepat untuk menghadirkan Olimpiade dan Paralimpiade yang luar biasa di Los Angeles. Dengan sisa waktu enam tahun lagi, kami memasuki tahap perencanaan tradisional Olimpiade dan sedang mempersiapkan acara yang luar biasa, memprioritaskan pengalaman atlet dan penggemar, serta tanggung jawab fiskal,” ungkap Casey Wasserman, Ketua Panitia Penyelenggara LA28.

LA28 akan sepenuhnya memanfaatkan venue yang sudah ada dan tidak ada venue permanen baru yang akan dibangun untuk Olimpiade tersebut, menurut pihak penyelenggara.

Guna mendorong generasi muda untuk ambil bagian dalam olahraga, sebuah program kaum muda bernama PlayLA telah diluncurkan oleh pihak kota, dengan investasi senilai 160 juta dolar AS (1 dolar AS = Rp14.964) untuk menjadikan olahraga lebih mudah diakses oleh anak-anak dan kaum muda di seluruh LA.

Selain menjadi tuan rumah Olimpiade untuk rekor ketiga kalinya, ini juga akan menjadi kali pertama bagi LA untuk menjadi tuan rumah ajang Paralimpiade.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2022