Indonesia takluk dari Australia pada laga terakhir Grup A

Jakarta (ANTARA) – Tim bola basket Indonesia takluk dari Australia dengan skor 53-78 pada laga terakhir Grup A FIBA Asia Cup 2022 di Istora GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu.

Pada pertandingan ini, pelatih Milos Pejic menurunkan starter Abraham Damar Grahita, Marques Terrell Bolden, Andakara Prastawa Dhyaksa, Brandon van Dorn Jawato, dan Derrick Michael Xzavierro.

Sedangkan Australia menurunkan William McDowell-White, Samson James Froling, Thon Maker, Mitchell McCarron, dan Samuel McDaniel.

Baca juga: Menpora Amali semangati timnas basket usai dibekuk Yordania

Baca juga: Yordania tutup fase grup kalahkan Arab Saudi 74-64

Mengawali pertandingan, Indonesia langsung tancap gas membuka keunggulan melalui tembakan tiga angka Abraham Damar.

Skuad Merah Putih mendominasi dengan terus unggul hingga menutup kuarter pertama dengan skor 16-11.

Sayang pada kuarter selanjutnya, permainan Indonesia mengendur. Kondisi ini dimanfaatkan dengan baik Australia hingga menyamakan kedudukan pada kuarter kedua dengan skor 18-18.

Bahkan kemudian Negeri Kanguru berbalik unggul setelah Keanu Pinder mencetak melakukan tembakan dua angka.

Indonesia berusaha mengejar dan hanya mampu menambah delapan angka. Sedangkan Australia mencetak 23 angka, hingga kuarter kedua pun berakhir dengan kemenangan Australia 34-24.

Pada kuarter ketiga, skuad Merah Putih terus berusaha untuk mengejar ketertinggalan. Pada fase ini, tim asuhan Milos Pejic mengemas skor lebih baik dengan 18.

Namun poin tambahan tersebut belum mampu mengejar ketertinggalan karena Australia lebih banyak meraih poin dengan 23. Sehingga skor pun berakhir dengan 57-42 untuk Negeri Kanguru.

Baca juga: Korea Selatan sapu bersih pertandingan penyisihan Grup B

Pada kuarter terakhir kondisi masih sama. Australia masih mendominasi hingga akhir pertandingan. Indonesia pun kalah dengan skor 53-78.

Dalam laga ini, Marques Terrell Bolden menjadi pencetak skor terbanyak untuk Indonesia dengan 18 poin, 10 rebound. Sedangkan di kubu Australia ada Tyrese Proctor dengan 14 angka.

Hasil ini membuat skuad Merah Putih berada di posisi ketiga klasemen Grup A dengan empat poin.

Dengan demikian, Indonesia harus berjuang melalui babak playoff menghadapi runner-up Grup B untuk bisa lolos ke perempat final.

Sedangkan Australia sudah dipastikan lolos ke babak delapan besar usai tak terkalahkan sepanjang babak penyisihan Grup A. Yordania berada di urutan kedua dengan mengantongi lima poin.

Baca juga: Pelatih Lebanon sanjung konsentrasi pemain kala atasi Selandia Baru

Baca juga: Jepang enggan larut dalam euforia kemenangan besar atas Suriah

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022