Indonesia kembali jadi tuan rumah Asia Rugby Sevens Trophy 2022

Jakarta (ANTARA) – Indonesia kembali menjadi tuan rumah pelaksanaan Asia Rugby Sevens Trophy 2022 setelah sukses menggelar kompetisi rugby tingkat Asia tersebut pada 2019.

Asia Rugby Sevens Trophy 2022 berlangsung dua hari 6-7 Agustus 2022, dimulai dengan babak penyisihan, Sabtu, digelar di area Gelora Bung Karno (GBK) Rugby Pitch, Senayan, Jakarta.

President Asia Rugby, Qais Abdulla Al Dhalai, mengatakan bahwa turnamen tersebut merupakan ajang terbesar dalam sejarah Asia dengan diikuti oleh 19 tim yang terdiri dari 12 tim putra dan tujuh tim putri.

Baca juga: Si buah hati tingkatkan motivasi Leani Ratri untuk terus berprestasi

“Ini adalah salah satu acara terbesar dalam sejarah Asia, kami belum pernah memiliki 19 tim dalam satu acara, kami berharap dua hari itu akan menjadi luar biasa, hari ini dan besok,” kata Qais di area pertandingan.

Qais memuji perkembangan rugby di Indonesia beberapa tahun terakhir. Hal itu, menurut dia terlihat dari pertandingan pertama timnas putri Indonesia yang berhasil mengalahkan Nepal dengan skor telak 43-0.

“Rugby di Indonesia berkembang pesat, dan kami Asia Rugby mengikuti semua 36 negara di Asia, dan Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di Asia. Jadi, federasi melakukan pekerjaan dengan baik,” ujar Qais.

Baca juga: Presiden Jokowi tutup ASEAN Para Games XI 2022 di Surakarta

Ketua Umum Pengurus Besar Rugby Union Indonesia (PB PRUI) Didik Mukhriyanto berterima kasih kepada Asia Rugby dapat kembali mempercayai Indonesia sebagai tuan rumah selama empat kali berturut-turut.

“Mudah-mudahan kita ikhtiarkan timnas putra dan putri Indonesia ini menjadi tiga besar di Asia,” kata Didik.

Asia Rugby Sevens Trophy 2022 diikuti 19 tim dari 16 negara di Asia, mulai dari Brunei, Singapura, India, Pakistan, Thailand, Iran, Nepal, Yordania, Uni Emirat Arab (UEA), Afghanistan, Mongolia, Kazakhstan, Irak, Kirgistan dan Guam.

“Mudah-mudahan kita ikhtiarkan timnas putra dan putri Indonesia ini menjadi tiga besar di Asia,” ujar Didik.

Baca juga: KOI siap sukseskan “bidding” IKN Nusantara tuan rumah Olimpiade 2036

Untuk mendorong lebih jauh perkembangan rugby di Indonesia, multiajang Pekan Olahraga Nasional (PON) dirasa menjadi momen yang baik. Terlebih, rugby untuk pertama kalinya dipertandingkan dalam PON XX Papua pada Oktober lalu.

Didik mengatakan rugby juga selanjutnya akan dipertandingkan pada PON XXI Tahun 2024 di Aceh – Sumatera Utara.

“Ini adalah ‘single event’ yang diadakan oleh Asia Rugby satu tahun sekali, dan ‘multievent’ baik SEA Games ataupun Asian Games tentu kita ikhtiarkan Indonesia akan menjadi bagian itu semuanya,” kata Didik.

“Dan, yang terdekat kita akan melakukan PON di Aceh-Sumut, rugby juga menjadi salah satu peserta, dan Insya Allah rugby akan memainkan delapan nomor di pertandingan berikutnya,” imbuhnya.

Baca juga: Olimpiade Paris 2024 hadapi masalah anggaran dan keamanan

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2022