Indonesia belum mampu penuhi target di Asia Rugby Sevens Trophy 2022

Jakarta (ANTARA) – Tim nasional putra dan putri Indonesia belum mampu memenuhi target untuk masuk dalam tiga besar Asia Rugby Sevens Trophy 2022, yang digelar di area Gelora Bung Karno (GBK) Rugby Pitch, Senayan, Jakarta, Minggu.

Timnas putra berada di posisi ke delapan usai kalah dari Jordan dengan skor 5-10. Sementara, timnas putri — yang pada edisi 2019 peringkat ketiga — harus puas menempati posisi keempat setelah tumbang dari timnas putri UEA dengan kedudukan 7-44.

“Timnas putra kita masih belum berhasil untuk memenuhi target, namun tim putri kita meskipun masih belum memenuhi target, Alhamdulliah tampilannya cukup bagus, saya cukup berbangga,” ujar Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Rugby Union Indonesia (PB PRUI), Didik Mukrianto.

Gelar Asia Rugby Sevens Trophy 2022 jatuh pada timnas Singapura. Tak tanggung-tanggung, Singapura berhasil mengawinkan gelar juara usai memenangi babak final.

Timnas putra Singapura tampil dominan saat berhadapan dengan Afganistan, berhasil mengemas angka 19-5. Hal yang sama dilakukan timnas putri Negeri Singa tersebut saat bertemu India, menutup pertandingan dengan hasil akhir 17-5.

“Secara keseluruhan tentu ini menjadi PR kami di PB PRUI dan segenap insan rugby di Indonesia untuk lebih menguatkan lagi timnas kita. saya menyadari betul bahwa sejak pandemi kegiatan kita relatif off berhenti dan baru training camp tiga minggu lalu kita persiapkan tim,” kata Didik.

Baca juga: Timnas putri waspadai Singapura di Asia Rugby Sevens Trophy 2022

Kendati tidak menorehkan prestasi, Didik mengaku bangga dengan perjuangan anak-anak asuhnya yang tampil spartan. Dia mengatakan raihan tersebut akan menjadi bahan evaluasi menyongsong kejuaraan yang akan datang.

Di sisi lain, dia mengaku mendapat apresiasi dari negara peserta karena telah mampu menyelenggarakan event dengan lancar.

“Tidak ada kejadian-kejadian yang luar biasa, bahkan banyak negara-negara peserta yang mengapresiasi acara ini, juga president Asia Rugby, sangat senang, sangat bangga, dan mengapresiasi pelaksanaan acara ini,” ujar Didik.

“Tentu inilah representasi kita, bahwa Indonesia mampu running acara besar di tingkat internasional, termasuk Asia. Mudah-mudahan ke depan kita bisa lebih banyak lagi dikasih kepercayaan oleh Asia maupun dunia untuk running acara-acara besar di setiap federasi kita,” kata dia menambahkan.

Baca juga: Indonesia kembali jadi tuan rumah Asia Rugby Sevens Trophy 2022

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022