IM Ervan dan IM Medina telan kekalahan dalam Japfa Chess Festival 2022

Jakarta (ANTARA) – Dua pecatur Indonesia IM Mohamad Ervan dan IM Medina Wardha Aulia menelan kekalahan dari lawan masing-masing dalam duel internasional Japfa Chess Festival 2022 yang secara resmi berakhir di Gedung Serbaguna, Senayan, Jakarta, Rabu.

IM Ervan yang memimpin 3-2 babak kelima kemarin, gagal memaksimalkan pertandingan terakhir melawan pecatur Filipina GM Laylo Darwin. Padahal pada babak keenam ini, Ervan hanya butuh hasil remis.

Sayangnya, pada babak terakhir IM Ervan justru kalah. Hasil akhir berubah menjadi 3-3 dan Ervan kalah dalam tie break.

Meski begitu, IM Ervan enggan larut dalam kekalahan. Dia bakal mengevaluasi seluruh permainan saat melawan GM Laylo Darwin.

“Ketelitian di akhir menjadi penyebab saya kalah dari Darwin. Saya juga sedikit tidak menyangka dia memakai gaya catalan. Sedangkan di tie break, jelas kalau catur kilat merupakan kelemahan saya. Ini akan menjadi bahan evaluasi untuk saya,” kata Ervan usai laga.

Baca juga: IM Ervan kalahkan GM Laylo pada laga pembuka Japfa Chess Festival 2022

Nasib serupa juga dialami pecatur putri Indonesia IM Medina yang kalah dari pecatur Singapura WGM Gong Qianyun dengan skor 3,5-2,5.

Dia mengakui penampilan di Japfa Chess Festival 2022 tidak stabil. “Dalam olahraga, memang kadang naik kadang turun. Mungkin sekarang bukan performa terbaik buat saya,” ujar Medina.

Adapun di kategori terbuka, pecatur asal Jabar FM Arif Abdul Hafiz menjadi juara usai mengoleksi 8 poin.

Sementara posisi kedua, ketiga, dan keempat ada FM Hamdani Rudin, FM Catur Adi Sagita, dan IM Azarya Jodi Setyaki yang sama-sama mengantongi 7,5 poin.

Secara keseluruhan, Japfa Chess Festival 2022 mempertandingkan 12 kategori meliputi Grand Master Tournament, Kejuaraan Senior Putra/Terbuka, Kejuaraan Senior Putri, Kejuaraan Veteran Usia > 55 tahun, Kejuaraan Putra/Putri U-18, Putra/Putri U-14, Putra/Putri U-10, Kejuaraan Beregu antarinstansi, dan Kejuaraan Senior antarwasit, panitia, dan media.

Wakil Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) Yulius Selvanus yang menutup ajang ini mengatakan mengapresiasi kepada seluruh peserta dan berharap untuk terus mengasah kemampuan.

“Asah terus kemampuan, jangan pernah menyerah demi yang terbaik untuk kita dan Indonesia. Dari Japfa, kami juga ucapkan terima kasih atas semangatnya yang tidak pernah luntur untuk memajukan catur Indonesia,” kata Yulius.

Baca juga: Festival Catur kembali bergulir bersamaan dengan momentum Haornas 2022

Baca juga: GM Susanto juara JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2022