Hoaks! Kevin Sanjaya jadi caleg dari Partai Perindo

Jakarta (ANTARA/JACX) – Kevin Sanjaya Sukamuljo dikenal masyarakat Indonesia sebagai atlet bulu tangkis ganda putra yang berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon.

Keduanya merupakan pasangan peringkat atas dunia cabang bulu tangkis pada nomor ganda campuran.

Namun, muncul unggahan foto Kevin di Facebook yang disertai logo Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dengan angka satu warna merah di sampingnya.

Atlet berusia 27 tahun itu, dalam unggahan foto di Facebook, disebut merupakan calon pemimpin masa depan dengan slogan, “Yang Muda, Yang Berprestasi.”

Akun bernama “Badminton Wonder Fans” itu pun menambahkan narasi sebagai berikut:

“Kevin kenapa??

Padahal koh Sinyo udah semangat 45″

Unggahan yang muncul pada 1 September 2022 itu telah disukai lebih dari 2.800 pengguna lain, dan mendapatkan komentar oleh lebih dari 1.300 penggua lain Facebook.

Namun, benarkah Kevin Sanjaya menjadi calon anggota legislatif dari Partai Perindo?

 

Unggahan hoaks yang menyebut Kevin Sanjaya Sukamuljo menjadi calon anggota legislatif dari Partai Perindo pada 1 September 2022. (Facebook)

Penjelasan:

Foto Kevin sebagaimana tampak pada ungghan di Facebook itu merupakan foto hasil suntingan dari foto lain Kevin saat menjadi bintang iklan salah satu produk perawatan wajah.

Foto asli Kevin yang sama persis dengan unggahan di Facebook itu telah diunggah akun Instagram whitelab_id pada 16 Agustus 2022.

Jika benar Kevin mencalonkan diri sebagai anggota legilatif dari Partai Perindo, tentu pengumuman resmi akan muncul di akun media sosial resmi kedua belah pihak, selain dari media massa.

Baik Perindo, ataupun Kevin juga akan diuntungkan dari pengumuman resmi itu sebagai sarana promosi menjadi calon anggota legislatif.

Namun, ANTARA tidak menemukan keterangan resmi baik dari akun Kevin Sanjaya di Instagram, ataupun akun Partai Perindo.

Unggahan yang mengklaim Kevin Sanjaya menjadi calon anggota legislatif itu merupakan satir atas penampilan Kevin pada Turnamen Jepang Terbuka 2022.

Pada pertandingan putaran kedua, yang berlangsung 1 September 2022 sebagaimana unggahan di Facebook, pasangan Kevin/Marcus kalah saat menghadapi ganda Korea Selatan Kim Gi Jung/Kim Sa Rang.

Satir terkait Partai Perindo muncul karena Kevin telah bertunangan dengan Valencia Tanoesoedibjo pada 2 Agustus 2022.

Valencia merupakan putri Hary Tanoesoedibjo, pengusaha media sekaligs pendiri Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Dengan demikian, unggahan yang mengklaim Kevin Sanjaya menjadi calon anggota legislatif dari Partai Perindo pada 1 September 2022 adalah kabar bohong atau hoaks.

Klaim: Kevin Sanjaya jadi caleg dari Partai Perindo

Rating: Hoaks/salah

Cek fakta: Hoaks! Fraksi-fraksi di DPR dukung Moeldoko kudeta Demokrat

Cek fakta: Cek Fakta: Bendera PDI Perjuangan dilarang di Sumatera Barat?

Baca juga: Marcus/Kevin evaluasi setelah dua kekalahan beruntun di Jepang

Baca juga: Impian Minions untuk juara dunia perdana dihadang Ben/Sean

Pewarta: Tim JACX
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2022