Gubernur NTB tak masalah Mandalika tak gelar tes pramusim MotoGP 2023

Mataram (ANTARA) – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengaku tidak bermasalah dengan keputusan FIM, Dorna Sports, dan IRTA yang tidak melibatkan Sirkuit Mandalika Lombok dalam kalender tes pramusim MotoGP 2023.

Pasalnya, Gubernur Zulkieflimansyah mengakui untuk menggelar tes pramusim tidak mudah, karena membutuhkan biayanya yang tidak sedikit dan semua itu tidak gratis.

“Kenapa nggak masuk pramusim, karena biayanya mahal dan itu juga tidak gratis, kalau melihat pengalaman tes pramusim 2022,” ujarnya kepada wartawan seusai melepas Kontingen Kwartir Daerah Gerakan Pramuka NTB dalam rangka kegiatan Jambore Nasional XI di Kantor Gubenur NTB di Mataram, Kamis.

Menurut Zulkieflimansyah, berkaca pada saat tes pramusim MotoGP 2022 Februari lalu, minat masyarakat menonton rendah sehingga biaya yang dikeluarkan tidak sebanding dengan pemasukan yang didapatkan.

“Tes pramusim ini kan jarang ada yang mau nonton. Jadi, karena tes pramusim ini berbiaya maka nggak sesuai antara pengeluaran dengan pemasukan dari penonton,” ungkap Zulkieflimansyah.

Baca juga: MotoGP rilis jadwal tes pramusim 2023, Portimao gantikan Mandalika

Menurut orang nomor satu di NTB ini, lembaga bisnis seperti PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) pasti tidak akan pasti mau rugi. Namun karena, Sirkuit Mandalika pada awal-awal menjadi sirkuit baru penyelenggara MotoGP maka tes pramusim harus dilakukan di tempat itu.

“Kalau awal-awal mungkin ada promosi. Tapi kalau tiap tahun rugi besar. Karena nanti ketika ditanya oleh pemegang saham bagaimana. Apalagi ITDC ini perusahaan publik dan negara. Kecuali kalau orang NTB dan Indonesia mau nonton pramusim. Tapi kemarin kan nggak ada yang mau nonton. Jadi, antara biaya yang dikeluarkan dengan pendapatan yang diperoleh maka relatif jauh lebih banyak pengeluaran,” katanya.

Sebelumnya MotoGP pada Senin merilis jadwal sementara tes pramusim 2023, tapi kali ini tidak ada slot untuk Sirkuit Mandalika.

Sirkuit jalan raya yang memiliki panjang lintasan 4,3 km dan 17 tikungan itu mendapat kehormatan sebagai arena tes pramusim 2022 selama pada Februari lalu sebelum menjadi tuan rumah balap MotoGP pada Maret.

Sebagai gantinya, MotoGP bakal menggelar tes di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, pada 11-12 Maret, satu bulan setelah Sirkuit Internasional Sepang menggelar tes pertama tahun depan pada 10-12 Maret.

Sepang juga akan menjadi arena Shakedown Test, yang khusus diikuti test rider pabrikan MotoGP dan para pebalap rookie pada 5-7 Februari.

Tes pramusim untuk kelas Moto2 dan Moto3 juga akan mengambil tempat di Portimao.

Pemilihan Portimao sejalan dengan kalender musim 2023 yang akan dibuka di sirkuit Portugal itu pada 24-26 Maret, alih-alih di Qatar yang menjadi balapan pembuka musim sejak 2007.

Baca juga: Rumah khusus relokasi Sirkuit Mandalika PUPR di Lombok Tengah rampung

Baca juga: Ducati rayakan tonggak sejarah podium ke-200 di MotoGP

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2022