Gubernur Khofifah luncurkan maskot Porprov Jatim 2022 di Jember

Saya menyampaikan apresiasi atas komitmen KONI Jatim bersama empat kepala daerah yang ikut menyukseskan pelaksanaan Porprov Jatim

Jember, Jawa Timur (ANTARA) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meluncurkan logo dan maskot untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur 2022 di Pendapa Wahyawibawagraha Kabupaten Jember, Selasa.

Maskot yang diluncurkan adalah Cak Beki maskot Porprov Jatim, maskot Si Jura dari Kabupaten Jember, maskot Si Rancak dari Kabupaten Lumajang, maskot Si Ulung dari Kabupaten Bondowoso dan maskot Si Babal dari Kabupaten Situbondo.

“Saya menyampaikan apresiasi atas komitmen KONI Jatim bersama empat kepala daerah yang ikut menyukseskan pelaksanaan Porprov Jatim,” kata Khofifah saat memberikan sambutan peluncuran maskot Porprov Jatim di Pendapa Wahyawibawagraha Jember.

Baca juga: KONI Kabupaten Kediri gelar tes parameter atlet jelang Porprov Jatim

Mantan Menteri Sosial itu mengatakan Porprov merupakan ajang penting untuk mencetak atlet prestasi tidak hanya di ajang nasional saja tapi juga sampai ke kancah dunia.

“Terima kasih masyarakat di empat daerah yang luar biasa, Porprov itu membangun suasana sportivitas menjadikan atlet sportif dan borderless tidak ada sukunya dan lain-lain,” tuturnya.

Dari olahraga tersebut, lanjut dia, saling memberikan kesetaraan perlakuan tanpa melihat suku agama dan adat istiadat, sehingga penting bagaimana olahraga bisa mengantar patriot pembela Pancasila dan Indonesia.

“Maskot itu menjadi salah satu lambang pemersatu yang akan menyukseskan segala hal yang tengah dibangun. Semua maskot merupakan lambang merepresentasikan sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses ekonomi. Mudah-mudahan semua sukses,” katanya.

Khofifah berharap kegiatan Porprov Jatim itu dapat mendongkrak ekonomi masyarakat yang sempat terdampak pandemi COVID-19 terutama di daerah yang menjadi tuan rumah yakni Kabupaten Jember, Bondowoso, Lumajang, dan Situbondo.

Baca juga: KONI Bojonegoro Gelar Pemusatan Latihan April

Sementara Ketua KONI Jatim M Nabil dalam laporannya mengatakan pelaksanaan Porprov VII Jatim 2022 akan digelar di empat daerah yakni Kabupaten Jember, Lumajang, Situbondo dan Bondowoso pada 25 Juni hingga 2 Juli 2022.

“Ada 47 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan enam cabang olahraga baru yang diekshibisikan dengan jumlah peserta yang ikut sebanyak 10.151 atlet, 823 ofisial tim, 3.512 ofisial cabang olahraga, sehingga totalnya 14.486 peserta yang hadir di Porprov VII,” katanya.

Menurutnya tidak hanya pelaksanaan Porprov saja, namun ada beberapa rangkaian agenda yang akan digelar mulai dari peluncuran maskot dan kirab api Porprov, kemudian terbaru super bike Jember-Lumajang, serta pameran UMKM di empat daerah.

Peluncuran maskot Porprov Jatim tersebut juga dihadiri oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nurcahyanto, Kabinda Jatim Marsma TNI Rudy Iskandar, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim M Nabil, Bupati Jember Hendy Siswanto, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati, Wakil Bupati Situbondo Khoirani dan Bupati Bondowoso Salwa Arifin.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022