Gasly terbuka terhadap semua opsi menyusul perpanjangan kontrak Perez

Jakarta (ANTARA) – Pierre Gasly mengataku terbuka terhadap semua opsi di Formula 1 menyusul perpanjangan kontrak Sergio Perez di Red Bull yang otomatis menutup pintu bagi pebalap Prancis itu dalam kembali bersama tim juara dunia itu.

Perez mengamankan dua tahun tambahan di Red Bull setelah menang di Monako dua pekan lalu untuk menandemkan sang pebalap Meksiko dengan juara dunia Max Verstappen hingga akhir 2024.

Gasly mengatakan kabar itu tidak mengejutkan karena pebalap berusia 32 tahun itu menaikkan level membalapnya musim ini dan menikmati hubungan yang harmonis dengan Verstappen.

“Berdasarkan apa yang mereka harapkan dari pebalap nomor dua, Perez memenuhi semua kriteria, dia menjalani musim yang luar biasa, tampil sangat baik, cepat, dan punya dukungan finansial, pengalaman yang baik, dan cocok dengan tim,” kata Gasly menjelang Grand Prix Azerbaijan seperti dikutip Reuters, Kamis.

“Sama sekali bukan kejutan bagi saya, tapi tentunya di sisi lain itu berdampak terhadap karier saya dan dengan ambisi yang saya miliki tentunya berpengaruh, jadi itu yang saat ini sedang kami bahas dengan (penasehat Red Bull) Helmut (Marko) untuk pastinya memutuskan apa yang terbaik bagi kami semua, dan bagaimana kami melangkah ke depan dari sana.”

Baca juga: Verstappen miliki urusan yang belum selesai di Baku

Gasly pernah menggantikan Daniel Ricciardo yang hengkang dari Red Bull ke Renault pada 2019, namun pebalap Prancis ini “dibuang” ke AlphaTauri setelah menjalani 12 balapan musim itu.

Dia kemudian harus membangun kembali reputasinya dan sekarang telah merasakan manisnya podium teratas setelah mempersembahkan kemenangan bagi tim Italia itu di kandangnya di Monza pada 2020.

Kontrak Gasly saat ini akan berakhir pada pengujung 2023 dan pebalap berusia 26 tahun itu dikaitkan dengan sejumlah tim.

Dia tak banyak bicara soal opsi yang ada tapi tidak menampik tetap menjadi bagian dari program Red Bull sembari membalap untuk tim lain, seperti Alexander Albon yang saat ini membalap untuk Williams.

“Saat ini tentunya setelah 2023 saya mempertimbangkan semua opsi karena saya belum memiliki apapun di luar itu, jadi kita lihat nanti,” kata Gasly.

Baca juga: GP Azerbaijan: Sirkuit Baku dalam angka

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2022