Gala dinner FIBA Asia Cup 2022 dihadiri tiga menteri

Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, FIBA Asia Cup 2022 ini saya nyatakan dimulai

Jakarta (ANTARA) – Kejuaraan basket Asia atau FIBA Asia Cup 2022 bakal bergulir di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (12/7) dan rangkaian acaranya dimulai dengan gala dinner di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin yang dihadiri tiga menteri sekaligus.

Mereka adalah Menpora Zainudin Amali yang sekaligus membuka kejuaraan basket bergengsi di Asia itu. Selanjutnya ada Menteri BUMN Erick Thohir yang saat ini berkapasitas sebagai FIBA Board Member serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Gala dinner sendiri juga dihadiri 16 tim yang bakal bersaing termasuk Direktur Eksekutif FIBA Asia Hagop Khajirian, Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih, dan sejumlah perwakilan sponsor.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, FIBA Asia Cup 2022 ini saya nyatakan dimulai,” kata Menpora Zainudin Amali dalam keterangan resminya.

Orang nomor satu di Kemenpora ini juga menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta. Ia berharap mereka menunjukkan permainan terbaik dalam rangkaian pertandingan. Sesuai dengan jadwal, FIBA Asia 2022 akan dibuka dengan pertandingan antara Taiwan melawan Bahrain, Selasa (12/7) dan partai puncaknya pada Minggu (24/7).

Direktur Eksekutif FIBA Asia Hagop Khajirian dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan selamat kepada 16 tim yang akan berpartisipasi di FIBA Asia Cup 2022, yang disebutnya ajang bola basket terbesar di Asia dan Oseania. Apalagi tim yang bertanding sebelumnya harus menjalani kualifikasi.

“Perkembangan basket semakin pesat sejak terakhir kali Indonesia menjadi tuan rumah hampir tiga dekade lalu. Kami berterima kasih kepada Perbasi dan panitia lokal atas kerja keras mereka sebelumnya dan sepanjang event nanti. Kami juga berterima kasih kepada sponsor, vokunteer, dan media, atas dukungannya. Sekali lagi, selamat datang FIBA Asia Cup 2022 di Jakarta dan semoga beruntung untuk tim-tim,” kata Hagop.

Sementara Erick Thohir menyatakan Indonesia merasa terhormat menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup untuk kedua kalinya. Ia mengatakan, Indonesia saat ini menjadi tuan rumah sejumlah event besar olahraga dunia serta mengembangkan olahraga di bawah arahan Presiden Joko Widodo.

“Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018. Nanti ada Piala Dunia FIFA U20 tahun depan, serta Piala Dunia FIBA bersama Jepang dan Filipina juga berlangsung tahun depan. Kemudian ada event MotoGP yang berkelanjutan selama 10 tahun ke depan. Saya menantikan pertandingan hebat dan tak sabar menyaksikan semuanya,” kata Erick.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga meminta para peserta untuk berlibur mengunjungi tempat wisata Indonesia selepas berlaga di FIBA Asia Cup. Ia mengingatkan nilai-nilai positif dari bola basket, termasuk sportmanship.

“Saya menunggu momen ini. Pekerjaan saya menteri, tapi passion saya bola basket,” katanya.

Baca juga: Marques Bolden dan Abraham Damar dipastikan sudah sepenuhnya fit

Baca juga: Jadwal lengkap FIBA Asia Cup: Indonesia awali laga hadapi Arab Saudi

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2022