Fornas akan jadi saluran untuk perkuat kontingen esport Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI/2021 Palembang, Sumatera Selatan, yang resmi berakhir Kamis, akan digunakan sebagai wadah ajang kompetisi amatir untuk memunculkan atlet-atlet esport potensial.

Ketua Umum Pengurus Nasional Indonesia Esports Association (PN IESPA), RM Ibnu Riza Pradipto, mengatakan bahwa langkah tersebut diambil dalam upaya membangun prestasi atlet esport untuk memperkuat kontingen Indonesia di ajang internasional.

Hal itu menurut Ibnu sekaligus menjadi jawaban dari tugas yang diberikan Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Budi Gunawan, kepada dirinya yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Esports Indonesia.

Esport telah resmi dipertandingkan pada SEA Games 2023 Kamboja dan Asian Games 2022 Hangzhou, China yang digelar tahun 2023.

“IESPA itu kan menginduk kepada PB ESI. Konsekuensinya, IESPA harus siap berkolaborasi dalam menopang program pembinaan PB ESI. Dan, saya sebagai Ketua BTN Esports Indonesia punya tanggung jawab untuk meningkatkan prestasi atlet Esports Indonesia ke depan,” kata Ibnu dalam keterangan tertulis.

Untuk itu, kata Ibnu, IESPA akan memasukkan nomor-nomor yang dipertandingkan pada SEA Games dan Asian Games dalam Fornas VII/2023 Bandung, Jawa Barat mendatang.

“Di Fornas VII/2023 Bandung, kita akan coba menambahkan nomor-nomor Esports di SEA Games dan Asian Games. Jadi, Fornas sebagai ajang kompetisi amatir untuk menjaring atlet-atlet Esports potensial. Dengan kata lain, FORNAS menjadi salah satu saluran bagi atlet amatir untuk tampil mewakili Indonesia di ajang internasional,” ujar Ibnu.

Baca juga: Sebanyak 120 atlet esport dari 26 provinsi tampil di Fornas Palembang

Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Lampung, Anshori Djausal mendukung keinginan IESPA menambah nomor-nomor SEA Games dan Asian Games pada Fornas VII/2023 Bandung.

“Ya, Fornas ini bukan hanya sekadar olahraga rekreasi tetapi juga bisa dijadikan saluran bagi atlet-atletnya untuk memperkuat Kontingen Indonesia. Dan, KORMI Lampung siap mendukung program IESPA,” kata Anshori.

Anshori juga memuji profesionalisme yang ditunjukkan PN IESPA dalam menangani Esport Fornas VI/2021 Palembang. Begitu juga dengan terobosan PN IESPA dengan memberikan penginapan dan konsumsi gratis bagi atlet peserta Esports Fornas VI/2021 Palembang.

Hal itu juga diakui Sekjen IESPA Lampung, M Daniel Hadi, yang membenarkan bahwa seluruh pemain mendapatkan penginapan dan konsumsi gratis.

Sementara itu, DKI Jakarta keluar sebagai juara umum pada esport Fornas Palembang. Jawa Tengah dan Provinsi Lampung juga berhasil menorehkan prestasi dalam ajang olahraga dua tahunan tersebut.

Berikut hasil lengkap esport Fornas VI/2021 Palembang.

PES

1. Rizal Danyarta: Provinsi Jawa Tengah

2. Elga Cahya Putra : Provinsi Lampung

3. Moh Bayu Habibie – Provinsi Gorontalo

Clash Royale

1. Antonius Rovelino – DKI Jakarta

2. Al Hafidz Insoba – Lampung

3. Mohammad Fabian – Kalimantan Barat

PUGB Mobile

1. Jawa Barat

– Gilang muhammad

– Muhammad zia ulhaq

– Rivai Valentino Simarmata

– moehamad devriadzy safara laksana

2. DKI Jakarta

– Akbar Aditya

– Andremas Said

– Muhammad Firdaus

– Zgafir Eria Raksamadji

3. Jawa Tengah

– Fadillah Dendy Wardono

– Habibil Rizki Widodo

– Vebryano Akbar Maulana

– Justen Kennith filbert setiawan

Baca juga: Super Series jadi angin segar untuk ekosistem esport Indonesia

Baca juga: Tim PUBG Mobile Indonesia kemas emas SEA Games

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022