Erik Spoelstra tak mau cari alasan kekalahan Heat di Gim 4

Jakarta (ANTARA) – Pelatih kepala Miami Heat Erik Spoelstra tidak mau mencari-cari alasan atas kekalahan yang diderita timnya dari Boston Celtics dengan skor 82-102 dalam Gim 4 final Wilayah Timur NBA di TD Garden, Massachusetts, Senin (23/5) waktu setempat.

Bagi Spoelstra, timnya hanya bisa mengakui keunggulan Celtics nyaris di semua lini sepanjang laga.

“Mereka keluar dan menerkam kami,” kata Spoelstra selepas pertandingan dikutip dari situs resmi NBA, Selasa.

“Kami tidak mencari-cari alasan. Mereka jelas-jelas mengalahkan kami. Kami sama sekali gagal menemukan penguasaan di sektor apapun sepanjang laga,” ujarnya menambahkan.

Buruknya penampilan Heat tercermin jelas dari tak satu pun dari pancamula mereka mampu mencapai raihan poin dua digit.

Jimmy Butler cuma mencetak enam poin, Bam Adebayo sembilan poin, Kyle Lowry tiga poin, sedangkan P.J. Tucker dan Max Strus sama sekali nirpoin.

Baca juga: Celtics buat final Timur berimbang 2-2 setelah pukul Heat di Gim 4

Perolehan itu boleh jadi dipengaruhi situasi kebugaran para pemain Heat yang sudah tak diperkuat Tyler Herro karena cedera pangkal paha.

Lowry dan Strus juga masih diganggu cedera hamstring, sedangkan Tucker mengalami masalah di lututnya, dan mereka bertiga harus menjalani pemeriksaan beberapa jam sebelum pertandingan untuk diizinkan main.

Tapi Adebayo pun enggan menjadikan situasi itu sebagai alasan, terlebih Celtics juga menghadapi masalah juga karena harus tampil tanpa Marcus Smart yang dibekap cedera pergelangan kaki dan Robert Williams III baru kembali setelah absen di pertandingan sebelumnya.

“Itu bagian dari playoff. Anda harus bergegas beradaptasi,” kata Adebayo.

“Ada yang harus absen, ada yang cuma bisa main separuh laga atau bahkan 20 menit, semuanya berbeda. Tapi Anda harus mencari cara untuk meraih kemenangan,” ujarnya melengkapi.

Buruknya performa pancamula Heat ditambah marjin sejauh 52-76 saat mengakhiri kuarter ketiga memaksa Spoelstra untuk membangkucadangkan mereka sepanjang periode pemungkas.

Heat tentu berpacu dengan waktu untuk menemukan solusi dari malam-malam buruk di Gim 2 dan 4, sebab mereka selanjutnya akan menjamu Celtics di FTX Arena, Florida, pada Rabu (25/5) waktu setempat dalam upaya merebut keunggulan lagi dari seri yang kini berimbang 2-2.

Baca juga: Konsistensi jadi tantangan di depan mata Celtics

Baca juga: Rebut gim ketiga dari Mavs, Warriors di ambang juarai Wilayah Barat

Baca juga: Timberwolves bajak pejabat eksekutif Nuggets

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022