Emas Marcelino Michael di APG berkah dari selamatan tetangga kampung

Ini adalah berkah dari doa yang diberikan orang tua saya dan masyarakat sekitar rumah di Tegal yang gelar selamatan sebelum saya tanding

Solo (ANTARA) – Marcelino Michael sukses merebut medali emas tolak peluru pada ASEAN Para Games (APG) 2022 Solo dan hasil tersebut merupakan salah satu berkah dari selamatan (syukuran) yang dilakukan oleh orang tua dan tetangganya di Tegal sebelum kejuaraan berlangsung.

“Saya sangat bersyukur. Ini adalah berkah dari doa yang diberikan orang tua saya dan masyarakat sekitar rumah di Tegal yang gelar selamatan sebelum saya tanding. Emas ini untuk mereka,” kata Marcelino Michael saat ditemui di komplek Stadion Manahan, Solo.

Marcelino Michael meraih emas dari tolak peluru F12 atau mengalami kendala pada penglihatan. Mahasiswa jurusan kepelatihan olahraga UNS ini membukukan lemparan sejauh 12,29 meter yang dicetak pada percobaan pertama dari lima upaya yang dilakukan.

Baca juga: NPC Indonesia targetkan atletik sumbang 35 emas ASEAN Para Games

Medali perak direbut oleh atlet asal Thailand, Wasun dengan lemparan terbaik sejauh 10,08 meter dan perunggu direbut oleh atlet asal Brunei Darussalam, Awang Raduan bin Awang Haji dengan 7,37 meter.

Apa yang diraih atlet yang sempat turun sebagai atlet normal pada beberapa kejuaraan itu merupakan buah dari latihan keras yang dilakukan dalam delapan bulan terakhir. Apalagi saat pelatnas harus berbagi waktu dengan kuliah

“Awalnya enggak kepikiran jadi atlet para games, tapi karena dorongan dari orang tua saya berusaha semaksimal mungkin dan ternyata bisa. Ini salah satu upaya saya membahagiakan orang tua,” kata Marcelino dengan serius.

Dengan prestasi yang diraih saat ini, Marcelino bertekad bisa tampil di kejuaraan internasional yang levelnya lebih tinggi dari ASEAN Para Games 2022. Apalagi peluang cukup terbuka setelah dirinya bergabung di pelatnas NPC Indonesia.

“Harapan saya seperti itu. Dukungan dari banyak pihak termasuk pemerintah juga sangat bagus. Sekarang kita setara dengan atlet normal,” kata mahasiswa semester empat UNS itu.

Emas yang diraih Marcelino ini merupakan salah satu target yang dicanangkan NPC Indonesia karena pada kejuaraan dua tahunan ini atletik diharapkan mampu menyumbang sedikitnya 35 medali emas.

Baca juga: Putri Aulia jadikan ASEAN Para Games 2022 sebagai yang terakhir

Baca juga: Ni Made Ariani sebut pendamping berperan dalam kemenangan di APG 2022

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022