Duet pebalap Red Bull perpanjang catatan finis terdepan musim ini

Sergio Perez kini makin dekat dengan persaingan titel Juara Dunia 2022, bersaing dengan Verstappen

Jakarta (ANTARA) – Pebalap Formula 1 dari tim Red Bull Racing Max Verstappen dan Sergio Perez memperpanjang catatan finis terdepan musim ini setelah keduanya menjadi yang tercepat pada balapan Grand Prix (GP) Azerbaijan 2022 di Sirkuit Baku, Minggu (12/6).

Pencapaian di GP Azerbaijan dengan finis pertama dan kedua bisa dikatakan tim ini cukup dominan. Berdasarkan data yang dihimpun media di Jakarta, Senin, sudah tiga kali pebalap Red Bull meraih hasil yang sama. Sebelumnya terjadi di Emeilia Romagna, dan Catalunya.

Khusus untuk tim, kemenangan yang diraih adalah untuk keenam kalinya dari delapan balapan musim 2022 yang sudah digelar. Max Verstappen sendiri meraih lima kemenangan, sedangkan Sergio Perez baru meraih satu kali kemenangan.

Baca juga: Verstappen juarai GP Azerbaijan, DNF ganda pukul Ferrari di Baku

“Hari ini kami memiliki kecepatan yang luar biasa dengan mobil ini, kami dapat menjaga umur ban… Sedikit diuntungkan dengan (lawan yang) gagal finis tapi mobil ini cepat hari ini,” kata Verstappen.

Hasil di GP Azerbaijan membuat pebalap asal Belanda ini kokoh di puncak klasemen dengan raihan 150 poin, sedangkan Sergio Perez mampu menggeser posisi pebalap Ferrari Charles Leclerc di posisi dua dengan raihan 129.

“Sergio Perez kini makin dekat dengan persaingan titel Juara Dunia 2022, bersaing dengan Verstappen. Namun, musim balap masih panjang, akhir pekan nanti akan ada balapan di Montreal (GP Canada), semoga saja hasil podium ganda bisa dilanjutkan,” kata Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) Sri Adinegara sebagai salah satu sponsor.

Baca juga: Duet Ferrari gagal finis di GP Azerbaijan

Jika dilihat dari konsistensi dua pebalap Red Bull Racing, peluang untuk meraih posisi puncak memang terbuka. Apalagi sang juara bertahan, Max Verstappen masih di puncak dan dibayangi dengan ketat rekan satu timnya, Sergio Perez.

Dominasi Red Bull Racing tidak hanya terjadi pada klasemen pebalap. Pada klasemen konstruktor juga kokoh di puncak klasemen dengan raihan 279 poin disusul Ferrari dengan 199 poin dan Mercedez-AMG dengan 161 poin.

Sesuai dengan jadwal, kemampuan Max Verstappen dan Sergio Perez bakal diuji pada balapan GP Canada,19 Juni nanti. Dipastikan balapan di Sirkuit Gilles Villeneuve bakal berlangsung ketat. Apalagi duet pebalap Ferrari harus mengakhiri balapan lebih di GP Azerbaijan.



Baca juga: Hamilton sakit punggung karena “porpoising”, diragukan untuk GP Kanada

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022