Dua pegolf Indonesia masuk tim internasional Junior Presidents Cup

Dua pegolf junior Indonesia Rayhan Abdul Latief dan Jonathan Xavier masuk tim internasional untuk menghadapi tim Amerika Serikat dalam Junior Presidents Cup 2022 di Myers Park Country Club, Charlotte, California, 19-20 September.

Rayhan dan Jonathan siap berjuang mempersembahkan poin di bawah komando Kapten Tim Clark.

Junior Presidents Cup adalah bagian dari program Presidents Cup, yang mulai diselenggarakan pada 2017.

Ajang matchplay beregu dua tahunan ini mempertemukan pegolf-pegolf terbaik AS dengan para pemain terbaik internasional, kecuali Eropa.

Bergabungnya Rayhan dan Jonathan menjadi sejarah bagi golf Indonesia lantaran kali pertama Indonesia menyumbangkan dua atlet untuk tim internasional.

Pada edisi perdana 2017, Naraajie Emerald Ramadhan Putra juga terpilih sebagai anggota tim yang kala itu dipimpin kapten Trevor Immelman.

Rayhan memastikan tempatnya menyusul serangkaian prestasi luar biasa sejak 2021 yang membawanya menembus 200 besar dunia.

Pegolf berusia 15 tahun yang kini menempati peringkat 198 dunia menjadi pemain dominan dalam berbagai turnamen junior di Indonesia sejak tahun lalu.

12 turnamen junior berstatus World Amateur Golf Ranking berhasil dia menangi sehingga menempatkannya dalam sepuluh besar klasemen tim internasional.

“Saya tidak menyangka bisa masuk Junior Presidents Cup. Kalau tidak salah saya mendapat informasi sekitar bulan Juni kalau saya punya peluang untuk mengikuti ajang ini. Senang sekali bisa masuk tim internasional,” kata Rayhan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Baca juga: Pegolf Thailand Prateeptienchai menangi gelar ADT kedua

Rayhan akan ditemani Jonathan, yang juga  masuk tim internasional dengan perjuangan yang tak kalah luar biasa.

Pegolf berusia 18 tahun ini meraih tempatnya dalam tim internasional setelah memenangi delapan turnamen sepanjang tahun ini.

Kemenangan di 54 Hole Philadelphia Junior Open di Amerika menjadi yang pertama dari enam turnamen secara beruntun yang dia torehkan.

“Saya bersyukur bisa menang enam turnamen berturut-turut dan itulah yang sangat membantu,” kata Jonathan.

Inilah pertama kalinya kedua atlet muda ini bermain dalam format match play beregu. Meski demikian, kedua pegolf Ciputra Golfpreneur Foundation (CGF) ini sangat bersemangat dengan potensi bermain berpasangan dalam Myers Park Country Club.

“Saya ingin berpasangan dengan Rayhan karena menurut saya bermain dengan seseorang yang sudah kita kenal akan membuat kita merasa lebih nyaman,” kata Jonathan.

”Menurut saya sih dengan adanya Jojo akan sangat membantu sekali ketika bermain fourball dan foursome,” timpal Rayhan.

Berbeda dari Presidents Cup, Junior Presidents Cup hanya berlangsung dua hari.

Selain kedua atlet Indonesia ini, tim internasional terdiri dari Ding Wengyi (China), Aldrich Potgieter (Afrika Selatan), Jeffrey Guan (Australia), Yurav Premlall (Afrika Selatan), Pongsapak Laopakdee (Thailand), Anson Yeo Boon Xiang (Malaysia), Chris Richards Jr (Trinidad dan Tobago), Jayden Ford (Selandia Baru), Joshua Bai (Selandia Baru), dan Juan Velasquez (Kolombia).

Dengan demikian, bersama Afrika Selatan dan Selandia Baru, Indonesia menjadi penyumbang atlet terbanyak untuk tim internasional kali ini.

Baca juga: Jonathan Wijono naik posisi keenam di hari ketiga OB Golf Invitational