Citra terima medali perak Olimpiade 2012 bertepatan dengan Olympic Day

Seremoni ini tak hanya menjadi penantian Citra, tetapi seluruh masyarakat Indonesia

Jakarta (ANTARA) –

Mantan lifter Indonesia Citra Febrianti bakal menerima realokasi medali perak Olimpiade 2012 London, Inggris bertepatan dengan acara Olympic Day Komite Olimpiade Indonesia Fun Run 2022 sebagai puncak perayaan Hari Olimpiade di Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 18 September 2022.

 

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari mengatakan Citra dinyatakan berhak atas medali perak Olimpiade 2012 setelah dua atlet di atasnya dinyatakan positif doping oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada 25 Oktober 2018.

 

“Seremoni ini tak hanya menjadi penantian Citra, tetapi seluruh masyarakat Indonesia. Citra membuktikan tak ada bulir keringat yang sia-sia yang keluar dari tubuh seorang clean athlete dan tak ada toleransi untuk cheater (seseorang yang telah berbuat curang) di olahraga,” kata Okto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Berhak atas perak Olimpiade 2012, Citra Febrianti diguyur bonus

 

Adapun terkait Olympic Day Komite Olimpiade Indonesia Fun Run 2022, kata Okto, menjadi salah satu cara NOC Indonesia dalam melakukan Olympic Movement atau Gerakan Olimpiade di Tanah Air.

 

Olympic movement menjadi peran kami dalam mengedukasi masyarakat terkait Olympic values atau nilai-nilai Olimpiade dan kami rasa bulan ini merupakan waktu yang tepat karena bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September yang kemudian dilanjutkan Olympic Day Komite Olimpiade Indonesia Fun Run pada 18 September,” kata Okto.

 

Sementara itu, Ketua Komisi Sport for All NOC Indonesia Ery Erlangga menjelaskan Olympic Day Komite Olimpiade Indonesia Fun Run 2022 merupakan kegiatan gembira yang sejatinya mengajak masyarakat berlari 5km di Plaza Timur Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

 

“Aktivasi kegiatan Olympic Day 2022 yang mengusung tema #moveforpeace sejatinya sudah kami lakukan sejak 22 Juni, mulai dari talk show, pameran foto, hingga tibalah kita pada puncak acara Olympic Day Komite Olimpiade Indonesia Fun Run 2022,” kata Ery.

 

“Kegiatan ini merupakan cara kami melakukan Olympic Movement sehingga masyarakat Indonesia dapat mengenal bahwa olahraga tak sekadar membuat kita sehat, tetapi juga membuat kita paham pengenalan nilai-nilai Olimpiade, yakni excellence (keunggulan), respect (menghargai), serta friendship.”

Baca juga: KOI siap sukseskan “bidding” IKN Nusantara tuan rumah Olimpiade 2036

 

Ery menjelaskan pendaftaran Olympic Day Komite Olimpiade Indonesia Fun Run dapat diakses pada laman https://nocindonesia.id/olympic-day/register mulai 7 September hingga 16 September.

 

Tak sekadar diajak berlari gembira, Komisi Sport for All juga menyiapkan beberapa hiburan musik oleh No Weekend serta doorprize menarik dan pameran foto Olympic Day.

 

Acara akan dimulai pukul 07.00 WIB yang diawali warming up bersama Master Zumba Junko Agus, lalu dilanjutkan dengan fun run.

 

“Kami juga menyiapkan cara unik agar peserta lari dapat merasakan atmosfer berbeda, yakni dengan mengajak mereka untuk ikut pycto hunt di empat titik check point yang telah kami siapkan. Jadi mereka juga dapat mengoleksi pictograms serta medali dari kegiatan Fun Run Komite Olimpiade Indonesia Olympic Day 2022,” pungkas Ery.

Baca juga: KOI: Olimpiade Paris tetap prioritas di tengah padatnya kalender 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022