Celtics berbalik ungguli Heat 3-2 seusai rebut Gim 5

Jakarta (ANTARA) – Boston Celtics berbalik mengungguli Miami Heat 3-2 dalam seri final Wilayah Timur NBA seusai merebut kemenangan Gim 5 dengan skor 93-80 di FTX Arena, Florida, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Jaylen Brown menjadi penyumbang angka terbanyak kemenangan Celtics lewat 25 poin, tetapi Jayson Tatum adalah bintang utamanya dengan penampilan gemilang berbuahkan 22 poin, 12 rebound, dan sembilan assist.

Al Horford menambahkan 16 poin disertai tujuh rebound dan lima assist, sedangkan Derrick White yang memulai dari bangku cadangan turut memberikan 14 poin.

Heat mengalami malam yang buruk di kandangnya sendiri setelah hanya mampu membukukan tingkat konversi percobaan terbuka 32 persen.

Baca juga: Konsistensi jadi tantangan di depan mata Celtics

Bam Adebayo menorehkan dwiganda 18 poin dan 10 rebound, Gabe Vincent mengikuti dengan 15 poin, Jimmy Butler 13 poin, dan Duncan Robinson memperoleh 11 poin, demikian catatan situs resmi NBA.

Skor ketat berlangsung di sebagian besar tiga kuarter pertama, sebelum Celtics bisa menciptakan jarak relatif nyaman sejauh 11 poin saat menutup periode itu dengan kedudukan 69-58 berkat tembakan fadeaway Brown.

Celtics mengawali kuarter keempat dengan gemilang lewat rentetan poin 14-2 dalam tiga setengah menit pertama yang dilengkapi tripoin Brown untuk menjauh 83-60.

Baca juga: Walau Warriors kalah, Stephen Curry angkat topi untuk Mavericks

Jarak keunggulan relatif jauh mampu dipertahankan Celtics dengan meredam momentum Heat yang sempat mengejar 76-89 setelah Vincent melesakkan tripoin di sisa waktu empat menit 18 detik.

Setelah Brown menceploskan jump shot yang membuat kedudukan jadi 93-76 di sisa waktu satu menit 32 detik, Celtics leluasa menarik keluar barisan pancamula dan tetap mengantungi kemenangan 93-80.

Hasil ini memberi kesempatan bagi Celtics untuk mengunci langkah mereka ke Final NBA apabila mampu melanjutkan tren positif saat menjamu Heat untuk Gim 6 di TD Garden, Massachusetts, Jumat (27/5) waktu setempat.

Baca juga: Situasi paksa Mavericks mati-matian di Gim 4

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2022