Catur Indonesia dipastikan tambah dua emas APG 2022

Jadi catur Kontingen Indonesia hingga hari keenam ini, menambah dua emas lagi sehingga total menjadi 6 emas

Solo (ANTARA) – Kontingen Indonesia dipastikan menambah dua medali emas dari kelas B2 catur cepat putra ASEAN Para Games (APG) XI 2022 yang digelar di Hotel D’wangsa Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis.

Menurut Manager Cabor Catur National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Heri Isranto pecatur putra Indonesia Adji Hartono yang turun pada kelas B2 catur cepat putra hingga putaran 5 sudah mengumpulkan empat kemenangan dan menyisakan satu putaran lagi.

Adji Hartono pada putaran terakhir akan bertemu pecatur Gayuh Satrio (Indonesia) sehingga nilai tidak bakal terkejar lagi dengan pecatur lainnya, Adji sudah dipastikan mendapat medali emas.

Baca juga: Jumadi, atlet para catur sepuh yang tak malas berlatih

Selain itu, Indonesia di kelas B2 catur cepat putra beregu juga dipastikan mendapat emas yang terdiri atas Adji Hartono, Jumadi, dan Gayuh Satrio yang mengumpulkan nilai tertinggi dan tidak bisa dikejar lagi dari negara lain.

“Jadi catur Kontingen Indonesia hingga hari keenam ini, menambah dua emas lagi sehingga total menjadi 6 emas,” kata Heri Isranto.

Isranto menjelaskan pada kelas catur cepat ini, dipertandingkan enam nomor yakni PI, B1, dan B2 baik putra maupun putri. Tiga kelas itu, juga dipertandingkan beregu baik putra maupun putri sehingga total 12 nomor yang dipertandingkan.

Pada kelas catur cepat putra B1 kontingen Indonesia yang menurunkan pecatur Fitrianto Prasetyo, Indra Yoga, dan Yadi Sepiyan masih menyisakan putaran terakhir atau enam, tetapi peluang emas kelihatan cukup tipis.

Baca juga: Tita Puspita bangga dan haru sumbang dua emas catur ASEAN Para Games

Begitu juga, kelas PI catur cepat putra Indonesia yang terdiri atas Maksum Firdaus, Tirto, Dien Alfrets peluang emas juga cukup berat.

Bagian putri kelas B1 catur cepat Indonesia menurunkan pecatur Wilma Mageretha Sinaga, Halawa Yustina, dan Tita Puspita, yang kini masih bertanding putaran terakhir.

Pada kelas B2 catur cepat putri Indonesia terdiri atas Aisah Wijayanti Putri Brahmana, Mira Jatnikasari, dan Khairunnisa yang masih bermain pada putaran kelima dan mempunyai peluang menjadi yang terbaik.

“Kami berharap kelas B2 catur cepat putri dapat merebut medali emas untuk Indonesia,” kata Isranto.

Baca juga: Cabang Catur NPC Indonesia berpeluang rebut 10 emas ASEAN Para Games

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022