Bola voli putri Indonesia bawa pulang perunggu usai kalahkan Filipina

Jakarta (ANTARA) – Tim bola voli putri Indoor Indonesia memastikan membawa pulang medali perunggu SEA Games Hanoi, Vietnam usai memenangi laga melawan Filipina.

Dalam pertandingan perebutan posisi ketiga di Dai Yen Sports Arena, Quang Ninh, Sabtu, Indonesia mengalahkan Filipina dengan skor 3-1 (25–21, 22–25, 25–19, 25–21).

Hasil ini mengulang pencapaian SEA Games edisi sebelumnya di Filipina pada 2019. Kala itu, Indonesia juga meraih perunggu usai mengalahkan Filipina dengan skor 3-2 (25–20, 24–26 25–15, 20–25, 16–14).

Adapun pada pertandingan hari ini, Indonesia dan Filipina bersaing ketat. Saling kejar angkat terjadi selama berlangsungnya laga.

Pada set pertama, kedua tim langsung tampil ngotot dan skor sempat ketat 11-11. Namun setelah itu, skuad Merah Putih meraih lima poin secara beruntun dan skor menjadi 15-11. Indonesia terus memimpin hingga set pertama berakhir 25-21.

Memasuki set kedua, Amalia Fajrina Nabila dan kawan-kawan beberapa kali melakukan kesalahan.

Kondisi ini dimanfaatkan dengan baik Filipina yang dimotori pemain jangkung Alyja Daphne Santiago hingga akhirnya Indonesia kalah 22-25.

Baca juga: Tim bola voli putri menang telak atas Malaysia pada laga kedua

Memasuki set ketiga, Megawati Pertiwi dan Ratri Wulandari tampil mengesankan. Pukulan-pukulan keras mereka membangkitkan gairah permainan Indonesia.

Indonesia bahkan sempat meninggalkan Filipina cukup jauh setelah meraih delapan poin secara beruntun menjadi 9-3.

Filipina sempat berusaha mengejar ketertinggalan dengan meraih lima poin berturut-turut. Bahkan sempat menyamakan kedudukan menjadi 18-18.

Pertandingan jadi makin menegangkan. Namun tim asuhan Risco Herlambang berhasil mengatasi serangan-serangan yang dilancarkan Filipina. Hingga kembali menutup set ketiga dengan kemenangan 25-19.

Lanjut ke set keempat. Skuad Merah Putih sempat tertinggal 6-11 setelah kecolongan lima poin beruntun. Namun Yolla Yuliana dan kawan-kawan tidak menyerah dan berusaha untuk mengejar.

Hingga akhirnya mereka berhasil menyamakan kedudukan menjadi 18-18 dan membalikkan keadaan menjadi 22-18 berkat raihan delapan poin beruntun.

Indonesia pun akhirnya memastikan kemenangan atas Filipina pada set keempat dengan skor 25-21. Hasil ini sekaligus membuat skuad Merah Putih membawa pulang perunggu.

Sementara itu, bola voli indoor Indonesia juga berpotensi menyumbang medali emas pada sektor putra yang akan melakoni laga final melawan tuan rumah Vietnam, Minggu (22/5).

Baca juga: Bola voli pantai Indonesia bawa pulang emas dan perak SEA Games 2021

Baca juga: Catatan SEA Games – Keanggunan perempuan Vietnam berbalutkan Ao Dai

Baca juga: All Indonesian Final tercipta di ganda putra bulu tangkis SEA Games

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2022