Bersepeda sambil bakti sosial di Tour of Kemala Belitong 2022

Belitung (ANTARA) – Ajang balap sepeda Tour of Kemala Belitong 2022, yang diinisiasi oleh Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB), menggelar bakti sosial sebagai bagian dari rangkaian praacara wisata olahraga tersebut di Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Kamis.

Kegiatan sosial kemanusiaan itu diadakan dalam upaya mendukung masyarakat untuk kembali bangkit selama pandemi COVID-19 dan membenahi aktivitas hidup yang sempat terhenti selama kurang lebih dua tahun.

Atlet para balap sepeda Muhammad Fadli Imammuddin menyambut baik kegiatan bersepeda sambil bakti sosial. Sebab, menurut wakil Indonesia dari cabang olahraga paracycling dalam Paralimpiade Tokyo 2020 tersebut acara semacam itu sangat jarang diadakan.

“Sudah sering ikuti event tapi jarang yang baksos dipadukan dengan kegiatan balap sepeda. Kegiatan balap sepeda biasanya hanya seputar sepeda saja. Mungkin ini bisa menjadi contoh buat penyelenggara acara balap sepeda yang lain nantinya,” kata Fadli, yang mengikuti acara tersebut, kepada Antara.

Lebih dari itu, menurut Fadli, acara bakti sosial dapat lebih mendekatkan kegiatan olahraga balap sepeda dengan masyarakat.

“Sehingga masyarakat ikut merasakan lah, bahwa event ini adalah event bersama bukan event bagi pesepeda saja, tapi event bagi orang-orang penduduk sekitar ikut merasakan acara ini,” ujar peraih satu emas, satu perak dan satu perunggu dalam Asian Para Games 2018 itu.

Baca juga: M. Fadli gowes bareng komunitas dalam festival Technofest10

Kegiatan bakti sosial Bhayangkari Peduli, yang juga dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-70 tahun 2022, meliputi operasi katarak bagi 20 orang warga masyarakat Belitung di RSUD Belitung, juga khitan massal 184 anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Putra Anda.

Salah seorang peserta khitan massal adalah Muhammad Oktoberianto yang berusia 11 tahun. Sang ibu, Kurniati, merasa kegiatan sosial tersebut sangat membantu penduduk sekitar.

“Sebelumnya tidak ada kegiatan seperti ini. Karena ini gratis tanpa biaya jadi ya sekalian saya daftarkan anak saya. Ini sangat membantu sekali,” kata Kurniati.

Kegiatan kemanusiaan tersebut juga meliputi vaksinasi, pengobatan gratis, pemberian bantuan kursi roda dan pembagian sembako untuk masyarakat Belitung, serta Pemberian bantuan peralatan dan perlengkapan Posyandu Kemala.

Tidak hanya itu, Bakti Sosial Bhayangkari Peduli juga dilakukan dalam rangka mendukung Strategi Nasional Percepatan Penurunan Stunting dan untuk mempercepat tercapainya target nasional menurunkan prevalensi stunting hingga 14 persen pada 2024 dari prevalensi stunting sebesar 27,67 persen pada 2019.

Oleh karena itu, Ketua Umum Bhayangkari sekaligus Ketua Pembina YKB Juliati Sigit Prabowo juga memberikan bantuan pembangunan dan renovasi MCK untuk masyarakat di Juru Seberang, Belitung serta memberikan paket makanan sehat untuk balita di Belitung.

Setelah melakukan rangkaian acara bakti sosial Kemala Bhayangkari, kegiatan bersepeda Tour of Kemala akan dilanjutkan dengan sesi test ride, Jumat, sebagai proses persiapan puncak Tour of Kemala.

Baca juga: “Tour de Prambanan” dukung pemulihan pariwisata dan ekonomi

Baca juga: Ihza tatap seri Piala Dunia 2022 setelah raih emas Kejurnas

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2022