Ayustina fokus buru poin Olimpiade 2024 usai tampil di Kolombia

Pengalaman pertama dan tak akan terlupakan

Jakarta (ANTARA) – Atlet balap sepeda putri Indonesia Ayustina Delia Priatna mengatakan fokus saat ini adalah mengejar poin untuk lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Ayu, sapaan akrab Ayustina Delia Priatna baru saja mengikuti seri UCI Track Nations Cup 2022 di Cali, Kolombia, 7-10 Juli.

Dia menjadi satu dari tiga wakil Indonesia yang tampil dalam ajang tersebut bersama dua pesepeda putra Bernard Benyamin Van Aert, dan Terry Yudha Kusuma.

Baca juga: Pebalap sepeda Bernard raih perak dalam seri Nations Cup di Kolombia

Hasilnya, Ayu berada di urutan ke-15 pada nomor Omnium Putri usai mengumpulkan 54 poin. Hasil ini membuat Ayu berada di posisi 38 dengan 232 poin dari tiga seri Nations Cup 2022.

Sementara Bernard membawa pulang perak nomor Omnium Putra dengan mengumpulkan total 114 poin. Adapun Terry yang turun pada nomor Madison bersama Bernard finis di urutan kesembilan.

“Pengalaman pertama dan tak akan terlupakan. Perlombaan benar-benar beda dengan di Asia. Memang kelasnya sudah dunia, jadi speed dan skill plus cara main saja beda. Dari sini banyak belajar buat ke depan lebih baik. Banyak banget pelajaran,” kata Ayu saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Rabu.

Ayu juga menyebut penampilan di Kolombia menjadi bekal untuk terus mengejar poin Olimpiade Paris 2024. Namun sebelum itu ada juga UCI Track World Championships 2022 yang dijadwalkan bergulir di Saint-Quentin en Yvelines, Prancis, 12-16 Oktober.

“Masih banyak race untuk berburu poin Olimpiade. Setelah ini, saya akan turun di Kejuaraan Nasional (Kejurnas di Banyuwangi, 15-24 Juli), kemudian lanjut ke Jepang akhir bulan ini,” kata Ayu.

Baca juga: Tiga pesepeda Indonesia ke Kolombia demi kejar poin Olimpiade Paris

Sementara itu, Pelatih Kepala Timnas Balap Sepeda, Dadang Haries Poernomo, mengungkapkan untuk nomor trek Ayu memang harus lebih banyak berkompetisi.

“Dari segi performa sangat baik. Namun memang untuk skill butuh jam terbang dan harus memperbanyak turun dalam kejuaraan trek,” kata Dadang.

Dia juga mengungkapkan saat ini timnas balap sepeda akan fokus mengejar poin di UCI Track World Championships 2022 dan Olimpiade Paris 2024.

“Proses masih panjang. Ada beberapa event yang menunggu. Terdekat di Asia ada ajang yang bergulir di Jepang, Korea Selatan, dan Thailand. Kami terus bersaing sebelum Kejuaraan Dunia karena hanya beberapa negara yang bisa lolos,” ujar Dadang.

Baca juga: Hasil Bernard di Kolombia jadi modal menuju Kejuaraan Dunia Trek 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022