Augusto Fernandez lengkapi line-up pebalap tim GASGAS di MotoGP 2023

Jakarta (ANTARA) – Penantang gelar Moto2 musim ini Augusto Fernandez akan menjadi tandem Pol Espargaro di tim baru GASGAS Factory Racing di kelas MotoGP mulai musim depan, demikian konfirmasi tim pada Jumat.

Pebalap Spanyol itu saat ini memuncaki klasemen kelas intermediate dengan empat kemenangan bagi tim Red Bull KTM Ajo menuju Grand Prix Aragon.

GASGAS Factory Racing sendiri merupakan jelmaan dari tim Tech3 KTM yang bakal menggandeng brand sepeda motor ikonis Spanyol GASGAS. Mereka akan tetap menggunakan motor KTM RC16 pada musim depan.

Fernandez akan mengisi bangku yang ditinggalkan oleh mantan rivalnya, juara dunia Moto2 2021 Remy Gardner, yang akan pindah paddock ke WorldSBK mulai musim depan.

Baca juga: GASGAS ramaikan MotoGP 2023, tarik Pol Espargaro dari Repsol Honda

“Wow ini luar biasa, dapat meloncat ke MotoGP bersama GASGAS,” kata Fernandez dikutip laman resmi tim Tech3.

“Saya sangat senang. Ini adalah impian. Kami masih harus bekerja di Moto2 dan saya ingin merebut gelar itu dan menuju ke kelas MotoGP, dan tantangan selanjutnya ini, dengan cara yang sebaik mungkin.”

Setelah lulus dari kejuaraan nasional dan Eropa, Fernandez mencicipi level kompetisi yang lebih ketat di Moto2 untuk pertama kalinya pada 2017.

Ia menjadi pebalap pengganti pada musim 2018 dan belajar apa yang diperlukan untuk menjadi cepat dan merebut tiga kemenangan pertamanya pada musim 2019.

Fernandez kembali digembleng tanpa trofi pada 2020 tapi pada tahun berikutnya ia mampu enam kali naik podium sebelum finis peringkat lima klasemen untuk kedua kalinya.

Baca juga: GasGas luncurkan ES 700 Dual Sport dan SM 700 Supermoto edisi 2023

Kepala tim GASGAS Factory Racing Herve Poncharal mengungkapkan ia sebenarnya ingin mempromosikan Fernandez naik kelas sejak dua tahun lalu, tapi sang pebalap belum siap.

“Ketika kami bertemu belakangan ini, tampak sangat jelas bahwa dia siap untuk datang ke MotoGP,” kata Poncharal.

“Saya sangat senang untuk musim depan karena garasi kami akan memiliki campuran (pebalap) berpengalaman dan muda lewat Pol dan Augusto.”

Dengan resminya Fernandez ke tim GASGAS, maka lengkap sudah formasi pebalap MotoGP untuk musim 2023.

Dia akan menjadi satu-satunya rookie di kelas premier musim depan.

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2022