Asian Games Hangzhou akan dimulai 23 September 2023

Jakarta (ANTARA) – Dewan Olimpiade Asia (OCA) mengatakan Asian Games Hangzhou yang tidak dapat diselenggarakan tahun ini karena COVID-19 akan diadakan mulai 23 September hingga 8 Oktober 2023.

Edisi ke-19 dari ajang multievent negara-negara Asia, dengan jumlah peserta terbesar kedua setelah Olimpiade Musim Panas, itu awalnya dijadwalkan berlangsung pada 10-25 September tahun ini di ibukota provinsi Zhejiang yang terletak sekitar 175 kilometer barat daya pusat bisnis China, Shanghai.

Dampak pandemi COVID-19 memaksa penyelenggara menunda Olimpiade yang diumumkan Mei.  Dewan Eksekutif (EB) OCA kemudian membentuk gugus tugas untuk menentukan tanggal baru.

“Gugus tugas selama dua bulan terakhir mengadakan berbagai diskusi dengan Komite Olimpiade China, Komite Penyelenggara Asian Games Hangzhou dan pemangku kepentingan lainnya untuk menemukan celah untuk Olimpiade yang tidak bertentangan dengan acara olahraga internasional besar lainnya,” kata OCA seperti dikutip Reuters, Selasa.

“Tanggal yang direkomendasikan oleh gugus tugas telah disetujui oleh EB OCA.”

Dewan Olimpiade Asia mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara dan pemerintah China “atas kerja kerasnya dalam mempersiapkan Asian Games selama pandemi dan memastikan ajang tersebut bisa diadakan tahun depan.”

Baca juga: Jalanan di Hangzhou diperbarui untuk Asian Games 2022

Baca juga: Arena Asian Games 2022 Hangzhou dibuka untuk umum

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2022