Alonso gantikan Sebastian Vettel di Aston Martin mulai 2023

Jakarta (ANTARA) – Juara dunia dua kali Formula 1 Fernando Alonso akan membalap bersama Aston Martin mulai musim 2023 setelah pebalap berusia 41 tahun itu meneken perjanjian kontrak berdurasi beberapa tahun, demikian pengumuman tim pada Senin.

Alonso bergabung bersama Aston Martin untuk menggantikan pebalap Jerman Sebastian Vettel yang pada pekan lalu mengumumkan rencana pensiun dari Formula 1 pada akhir musim ini.

Dengan perginya Alonso dari Alpine maka kursi kosong yang ada nantinya kemungkinan akan diisi oleh pebalap cadangan yang juara Formula 2 musim lalu, Oscar Piastri.

“Saya masih lapar dan berambisi untuk bertarung agar menjadi yang terdepan. Keinginan untuk memberikan yang terbaik juga mendorong saya untuk mempertahankan kesenangan dan komitmen untuk olahraga ini,” kata Alonso dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters.

Baca juga: Vettel punya “niat yang jelas” lanjut membalap dengan Aston Martin

“Saya berkeinginan untuk menang lagi dalam olahraga ini sehingga saya merasa perlu mengambil kesempatan yang bagus ini.”

Alpine saat ini berada di peringkat keempat klasemen konstruktor, sedangkan tim yang bermarkas di Silvertone, Aston Martin, berada di posisi kesembilan.

Pemilik yang juga miliarder asal Kanada, Lawrence Stroll, yang putranya juga membalap untuk Aston Martin, telah menghabiskan banyak untuk timnya, termasuk untuk pembangunan pabrik baru dan merekrut staf dari perusahaan rival.

“Saya sudah mengenal dan mengagumi Fernando sejak lama dan sudah jelas bahwa dia adalah pemenang sejati seperti saya,” ucap Stroll.

Baca juga: Aston Martin dapat lampu hijau tiru desain Red Bull

“Saya telah menetapkan untuk membawa orang-orang terbaik dan mengembangkan sumber daya dan organisasi yang tepat untuk bisa sukses dalam olahraga yang sangat kompetitif ini. Rencana itu sekarang mulai tersusun di Silvertone,” kata dia.

Bos Aston Martin Mike Krack mengatakan timnya sangat antusias bisa bekerja sama dengan Alonso, yang pernah juara dunia bersama Renault pada 2005 dan 2006 sehingga bisa belajar dari pengalamannya.

“Kami percaya diri dia bisa menginspirasi semua orang untuk meningkatkan kualitas mereka. Kami sedang berada dalam perjalanan untuk menciptakan organisasi pemenang, dan Fernando akan mempercepat kemajuan tim,” ujar Krack.

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2022