Alex Marquez berlabuh ke Gresini Racing untuk MotoGP 2023

Jakarta (ANTARA) – Alex Marquez akan menjadi tandem Fabio Di Giannantonio mulai musim MotoGP 2023 menyusul pengumuman tim Gresini Racing pada Minggu jelang Grand Prix Belanda di Assen.

Sang juara dunia dua kali asal Spanyol akan menggantikan Enea Bastianini, yang bakal hijrah ke Prima Pramac Racing atau tim pabrikan Ducati.

Marquez merupakan juara dunia Moto3 dan Moto2 pada 2014 dan 2019, dengan koleksi 40 podium termasuk 12 kemenangan dan dua finis peringkat dua di kelas premier pada 2020.

Marquez menjalani debutnya di MotoGP pada 2020 berseragam tim Repsol Honda sebagai mitra sang kakak, Marc Marquez, sebelum diturunkan ke tim satelit LCR yang ia bela selama dua musim.

Baca juga: Diggia-Enea bertekad bikin bangga meski banyak kendala di GP Belanda

Setelah meninggalkan LCR Honda pada pengunjung musim ini, pebalap berusia 26 tahun itu akan menjalani musim keempatnya di MotoGP dan kali pertama baginya mengendarai Ducati.

“Saya sangat senang mengumumkan bahwa saya akan bergabung dengan Team Gresini MotoGP, dan saya sangat bersemangat memulai petualangan baru ini,” kata Marquez dikutip laman resmi MotoGP.

“Krusial bagi saya untuk berubah agar memulihkan kembali motivasi yang sama seperti ketika saya pertama kali bergabung di kelas ini.

“Ini adalah opsi terbaik bagi saya, dengan tim yang telah membantu mengukir sejarah dari kejuaraan ini.”

Di Giannantonio, yang cukup sukses menjalani tahun rookienya di MotoGP setelah mengamankan satu pole position dan finis terbaik di P8 musim ini, mengaku senang bisa melanjutkan perjuangannya dengan Gresini.

“Kontinuitas adalah kunci di MotoGP agar saya bisa bekerja dengan cara yang terbaik,” kata Diggia.

“Tentunya tujuannya akan lebih tinggi, kami akan menggunakan bagian kedua musim ini untuk meningkatkan hasil kami dan kemudian pada tahun depan saya ingin benar-benar membuat kemajuan itu.”

Baca juga: Pol Espargaro mundur dari GP Belanda karena masih cedera

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2022