ALcaraz jumpa Ruud pada final US Open 2022

Jakarta (ANTARA) – Carlos Alcaraz mengalahkan wakil tuan rumah Frances Tiafoe dalam pertarungan sengit lima set di semifinal US Open pada Jumat waktu setempat, dan akan bersiap menghadapi laga perebutan gelar Grand Slam perdananya saat melawan Casper Ruud pada final, Senin pekan depan.

Petenis Spanyol berusia 19 tahun itu menang 6-7 (6/8), 6-3, 6-1, 6-7 (5/7), 6-3 dan menjadi finalis Grand Slam putra termuda setelah Rafael Nadal yang merebut status tersebut di French Open 2005.

Petenis Norwegia peringkat ketujuh Casper Ruud telah lebih dulu lolos dari babak semifinal untuk juga melaju ke final perdananya dalam turnamen Grand Slam berkat kemenangannya atas Karen Khachanov 7-6 (7/5), 6-2, 5-7, 6-2.

Baca juga: Swiatek tumbangkan Sabalenka untuk menuju final US Open

“Kami berada di semifinal Grand Slam sehingga kami harus memberikan semuanya, kami harus bertarung sampai bola terakhir,” kata Alcaraz, finalis termuda US Open sejak Pete Sampras pada 1990, seperti dilansir AFP, Sabtu.

“Tak masalah jika harus bertarung lima hingga enam jam. Yang jelas kami harus memberikan segalanya di lapangan,” katanya menambahkan.

Bagi Alcaraz, yang melepaskan 59 pukulan winner, itu menjadi kemenangan lima set ketiganya secara berturut-turut di Flushing Meadows dan dia selangkah lagi menuju gelar Grand Slam perdananya sekaligus merebut singgasana nomor satu dunia tenis putra, yang kini ditempati Daniil Medvedev.

“Ini pertama kalinya saya menembus final Grand Slam. Saya bisa melihat ranking nomor satu dunia, tapi pada saat bersamaan itu terasa sangat jauh,” ujarnya.

Baca juga: Jabeur tembus final US Open usai kalahkan Garcia

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022