Alcaraz bawa Spanyol ke perempat final Piala Davis lawan Kroasia

Jakarta (ANTARA) – Petenis nomor satu dunia Carlos Alacaraz memastikan tempat Spanyol dalam perempat final Piala Davis, Minggu waktu Spanyol, ketika mengalahkan petenis Korea Selatan Kwon Soon-woo dua set langsung.

Juara US Open itu menang 6-4, 7-6(7/1) atas lawannya yang berperingkat 74 tersebut di kampung halamannya di Valencia, setelah Roberto Bautista Agut mengalahkan Hong Seong-Chan 6-1, 6-3.

Setelah kekalahan mengejutkan 1-2 dari Kanada pada Jumat di mana Alcaraz kalah dari Felix Auger-Aliassime, Spanyol memenangkan nomor tunggal melawan Korea Selatan.

“Memainkan Piala Davis di sini adalah suatu kehormatan bagi saya,” kata Alcaraz seperti dikutip AFP. “Tapi lebih baik datang ke sini menjadi nomor satu dunia dan juara US Open, untuk berbagi momen ini dengan semua orang, keluarga saya, teman-teman saya.”

Berada pada peringkat pertama di Grup B di depan Kanada, Spanyol akan bertemu Kroasia dalam perempat final November, di depan penonton tuan rumah mereka di Malaga. Sementara, Serbia, yang menempati urutan ketiga, telah tersingkir.

Di Hamburg, Jerman mengambil tempat teratas Grup C di atas Australia setelah ganda Kevin Krawietz dan Tim Puetz menang 6-4, 6-4 atas Matthew Ebden dan Max Purcell.

Pertandingan itu membuat tuan rumah menang 2-1.

Dari sektor tunggal, Thanasi Kokkinakis mengalahkan Oscar Otte 7-6 (8/6), 6-1 untuk mempertahankan kedudukan Australia setelah Jan-Lennard Struff dari Jerman mengalahkan Purcell 6-1, 7-5.

Baca juga: Tim Piala Davis Indonesia ambil sisi positif usai kalah dari Polandia

Jerman dan Australia telah mengamankan dua tempat teratas Grup C setelah mengalahkan Prancis dan Belgia pada awal babak penyisihan grup.

Jerman selanjutnya bertemu Kanada, sementara Australia melawan Belanda.

Belanda menyelesaikan babak penyisihan grup tanpa terkalahkan di Grup D di mana tim Inggris pimpinan Andy Murray mengklaim tempat ketiga dengan mengalahkan Kazakhstan dengan susah payah, di mana setiap set adalah tie-break ketika Joe Salisbury dan Neal Skupski mengalahkan Alexander Bublik dan Aleksandr Nedovyesov 7-6 (7/2), 6-7(9/11), 7-6(7/4).

Di Bologna, Kroasia melaju ke delapan besar berkat kemenangan 2-1 Italia atas Swedia di Grup A.

Kroasia, finalis edisi 2021, memulai kompetisi dengan kekalahan telak 0-3 dari Italia sebelum bereaksi melawan Swedia (2-1) dan kemudian Argentina (3-0).

Tim Kroasia mengambil tempat kedua, lolos di bawah Italia, sementara Swedia yang berada pada urutan ketiga, tersingkir.

Italia yang menyelesaikan babak penyisihan grup tanpa terkalahkan dan sudah lolos, selanjutnya menghadapi Amerika Serikat yang berada pada urutan kedua Grup D di belakang Belanda.

Baca juga: Rybakina habisi Bogdan untuk capai final WTA Portoroz

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2022