Alan berjuang atasi faktor nonteknis untuk sabet perak PUBGM solo

Hanoi (ANTARA) – Atlet esport Alan Raynold Kumaseh berjuang mengatasi faktor nonteknis untuk meraih medali perak nomor perseorangan PUBG Mobile atau PUBG Mobile solo dalam laga final hari kedua SEA Games ke-31 yang digelar di National Convention Center, Hanoi, Selasa.

Alan mengaku pertandingan pada pesta olahraga tingkat Asia Tenggara itu merupakan kali pertama dia berkompetisi secara luring. Sehingga, dia harus berjuang menghadapi faktor nonteknis, termasuk para penonton yang hadir secara langsung.

Sempat berada pada peringkat ke-15 klasemen laga hari pertama, Alan berhasil bangkit dari keterpurukannya untuk kemudian tampil gemilang dan menyabet medali perak untuk Indonesia.

Adapun medali emas berhasil disabet oleh atlet PUBG Mobile tuan rumah, Vietnam dengan total poin 104 yang hanya berselisih 2 poin dengan raihan poin Alan 102. Sementara itu, perunggu diraih oleh atlet PUBG Mobile Thailand dengan total poin 100.

Baca juga: Timnas Esports Free Fire dapat sambutan hangat setiba di Tanah Air

“Tidak mudah untuk menjalankan pertandingan ‘offline’ untuk pertama kalinya dan sudah harus membawa nama negara. Saya berupaya lebih keras untuk mampu mengelola faktor-faktor nonteknis dan bersyukur saya akhirnya bisa menguasai keadaan serta mengoptimalkan strategi dan performa saya,” kata Alan ditemui usai prosesi pengalungan medali.

“Saya bersyukur dan bangga dapat menyumbangkan medali untuk bangsa dan negara saya, Indonesia.”

Dengan diraihnya medali perak di nomor perseorangan PUBG Mobile atau PUBG Mobile Solo, timnas esport yang diturunkan di SEA Games Hanoi 2021 hingga hari ini berhasil menyumbangkan satu emas dari Free Fire, serta dua perak dari Free Fire dan PUBG Mobile Solo.

Baca juga: Round up – Vietnam makin teratas, Indonesia tertahan di urutan lima

Kehadiran medali ketiga yang disumbangkan oleh Timnas esport untuk Indonesia, menurut manajer timnas esport Tjahjono Prasetyanto membawa semangat baru untuk tampil lebih baik di pertandingan-pertandingan berikutnya.

“Perjuangan Alan yang luar biasa dan raihan medali yang dia torehkan malam ini, serta raihan medali emas dan perak dari nomor Free Fire sebelumnya, sangat berguna dalam memacu motivasi, semangat, dan kepercayaan diri timnas esport Indonesia dalam berjuang meraih medali-medali berikutnya di SEA Games,” ujar Tjahjono.

Selanjutnya, tim PUBG Mobile akan berlaga di nomor beregu atau tim yang akan dimulai Rabu.

Baca juga: Tim golf putra jaga kans raih perunggu seusai terhenti di semifinal

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2022