946 pesepeda berbagai negara sudah daftar Tour de Bintan 2022

Dari data Dinas Pariwisata Bintan, hingga saat ini menyentuh angka 946 peserta, terdiri atas 800 peserta pria dan 146 peserta wanita

Bintan (ANTARA) – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) Roby Kurniawan mengatakan sebanyak 946 pesepeda dari berbagai negara sudah mendaftar kejuaraan balap sepeda Internasional Tour De Bintan yang akan berlangsung pada 14-16 Oktober 2022.

“Dari data Dinas Pariwisata Bintan, hingga saat ini menyentuh angka 946 peserta, terdiri atas 800 peserta pria dan 146 peserta wanita,” kata Roby Kurniawan di Bintan, Rabu.

Dari jumlah peserta tersebut, terbanyak berasal dari negara Singapura dengan persentase sekitar 40 persen disusul negara United Kingdom 13 persen, Australia 7 persen, Indonesia 5 persen, Malaysia 4 persen, Amerika, Jepang, Jerman, Prancis sekitar 3 persen, Filipina, Hongkong sekitar 2 persen dan negara lainnya sekitar 16 persen.

Baca juga: Pemkab Kudus dukung Tour de Muria menjadi ajang tahunan

Roby berharap melalui perhelatan Tour de Bintan, sektor pariwisata Bintan bisa bangkit kembali karena pariwisata merupakan penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) terbesar di Kabupaten Bintan.

“Untuk persiapan pelaksanaan acaranya sudah hampir 90 persen. Mudah-mudahan berjalan lancar setelah dua tahun vakum akibat pandemi COVID-19,” ujar Plt Bupati Bintan.
Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Bintan Arief Sumarsono menyebut pebalap sepeda dalam Tour de Bintan akan melintasi sejumlah kawasan pariwisata di daerah itu, dimulai dari kawasan Simpang Lagoi.

“Peserta dapat menikmati udara segar, pantai yang indah sambil berolah raga sepeda,” ucapnya.

Baca juga: Pebalap sepeda Wiji Lestari masih perlu tambah jam terbang

Panitia telah menetapkan kategori dalam Tour de Bintan yakni Individual Time Trial sepanjang 175 kilometer, Grand Fondo Challenge 85 kilometer, Grand Fondo Classic 146 kilometer, Grand Fondo Century 108 kilometer, dan Grand Fondo Discovery 55 kilometer.

“Tour de Bintan akan menambah jumlah wisman yang berkunjung ke Bintan secara signifikan karena setiap peserta pasti tidak datang sendirian. Biasanya, mereka membawa anggota keluarganya,” katanya.

Arief optimistis Tour de Bintan menjadi pemicu sektor pariwisata di Bintan kembali berjaya setelah kasus aktif COVID-19 landai.

“Sektor pariwisata merupakan jantung pendapatan di Bintan, sehingga perlu dikembangkan secara serius,” katanya menegaskan.

Baca juga: Bernard tempati peringkat 14 dunia jelang Kejuaraan Dunia Trek 2022

Pewarta: Ogen
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022